Apa Itu Photoshop?

Photoshop
Photoshop itu apa sih? Pasti banyak pemula yang belum tau secara pasti apa itu PHOTOSHOP dan apa kegunaan utama dari aplikasi Adobe Corporation ini, sebelum ingin mengetahui secara pasti apa itu photoshop, terlebih dahulu mari kita baca Sejarah Singkatnya.

SEJARAH SINGKAT

Seorang profesor dari Michigan (USA) bernama Glenn Knol membuat sebuah eksperimen untuk mengolah foto secara digital. Dengan alat seadanya, sang profesor bekerja keras di ruang gelap (Dark Room) milik pribadinya. Beliau memiliki dua orang anak yang bernama: John Knoll dan homas Knoll.
Photoshop1
Kedua anak tersebut meneruskan cita-cita ayahnya untuk membuat sebuah program pengolah gambar secara digital tersebut. Singkat cerita, akhirnya kedua saudara tersebut berhasil menciptakan sebuah program aplikasi pengolah gambar yang saat itu masih sederhana. Atas penemuan tersebut, sebuah perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi. Namun selang satu tahun, lisensi diambil alih oleh Adobe Corporation. Kemudian program pengolah gambar tersebut diberi nama Adobe Photoshop.

Versi terakhir adalah CS5 atau lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS5 (Creative Suite). Memang, pada awal terciptanya Photoshop hanya ditujukan untuk keperluan pengolah gambar (fotografi). Thomas Knoll bersama timnya akhirnya mengembangkan Photoshop untuk berbagai keperluan, seperti: web design (Image Ready), publishing (Photoshop), animasi (Image Ready), digital painting (Photoshop), dan bidang lainnya.  Para web design maupun graphic design cenderung lebih banyak menggunakan program Adobe Photoshop untuk membantu pekerjaan di bidang masing-masing karena mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, dan hasil output yang fantastik.

Jadi, Apa Itu Photoshop?

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, Photoshop selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal, hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini merupakan salah satu syarat jika kamu pengen masuk ke dunia desain grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya.

Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan mengenai  BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP. Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik di kelasnya. ‘Hampir’ tidak ada tandingannya.

Fitur –Fitur

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web atau biasa disebut Website.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.

Format File

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster dan vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:

PSD (Photoshop Document) adalah format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.

PSB’ adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB

PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Harga

Saat ini, Photoshop terbaru, yakni Adobe Photoshop CS5 masih dibondong dengan harga US$ 699,00- atau Rp.6,360,900- dalam hitungan rupiah.

 

Area Kerja Photoshop

Photoshop2

Kali ini kita akan belajar mengenai salah satu program terpopuler didunia yaitu Adobe Photoshop. Adobe Photoshop sendiri adalah program pengolah gambar berupa Bipmap, gambar bipmap adalah adalah gambar yang mempunyai ukuran resolusi serta pixel tertentu dan itu mempengaruhi kwalitas dari gambar tersebut, semakin besar resolusinya semakin bagus hasil gambarnya. Adobe photosop mempunyai beberapa versi, tapi kebanyakan pakai yang versi Adobe Photoshop 7.0 sampai yang terbaru sekarang yaitu Adobe Photoshop CS5 yang sudah bisa membuat gambar 3 Dimensi.

Sebelum kita mengotak-atik Photoshop lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu area kerja dari photoshop itu sendiri, disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS3.

  1. Area Kerja Adobe Photoshop CS3Area Kerja Photoshop
  2. Area ToolboxToolbos Photosop
  3. Area Pallate

    Pallate Photoshop

  4. Area mengutak-atik gambar

    Area Creator Photoshop

  5. ToolboxToolbox

    Rectangular, Untuk membuat seleksi berbentuk kotak persegi empat
    Lasso, Untuk membuat seleksi secara bebas
    Crop, Untuk memotong gambar
    Patch, Untuk mengganti/menimpa objek yang terseleksi
    Clone Stamp, Untuk melakukan duplikasi area tertentu pada sebuah gambar
    Erase, Untuk menghapus gambar
    Smudge, Mensimulasi tambahan sebuah gambar
    Pen, Untuk membuat gambar dalam bentuk path
    Path Selection, Untuk memilih titik pada sebuah path
    Notes, Untuk membuat/menyertakan catatan
    Hand, Untuk Menggeser tampilan pada layar
    Set Foreground Color, Untuk merubah warna baik depan maupun belakang
    Edit In Quick Mask Mode, Pengeditan menggunakan efek mask
    Move, Untuk memindahkan objek gambar
    Quick Selection, Untuk membuat seleksi berdasarkan warna yang sama
    Slice, Untuk membuat pembagian gambar
    Brush, Untuk menggambar atau mewarnai dengan bentuk kuas
    History Brush, Untuk menormalkan gambar yang telah mengalamu perubahab/dirubah-rubah
    Gradient, Untuk membari warna gradasi
    Text, Untuk membuat objek text
    Custom Shape , Untuk membentuk bebas
    Eyedropper, Untuk memilih warna dari sebuah objek
    Zoom, Untuk memperbesar tampilan gambar
    Change screen mode, Untuk merubah tampilan layar

Demikian sekilas bagaimana area kerja dari Adobe Photoshop, semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Previous Post

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *