9 Prediksi Teknologi 10 Tahun kedepan

Artikel ini membahas prediksi teknologi 10 tahun kedepan yang diulas oleh salah satu website majalah popular di Amerika Serikat (sumber: http://www.popularmechanics.com) yang mana juga berdasar survey yang mereka lakukan di facebook.

teknologi masa depat dari web majalah popular

Tahun 2012 – 2022

  1. Semua Orang akan fasih dalam banyak bahasa. Dengan persaingan DARPA (penterjemah real time) dan Google Translate yang semakin sempurna dalam menerjemahkan berbagai bahasa, maka dapat dimungkinkan lama kelamaan smartphone anda dapat langsung menerjemahkan lawan bicara yang menggunakan bahasa asing.
  2. Software untuk Prediksi Kemacetan Lalu Lintas sebelum terjadi. Teknologi ini menggunakan data arsip, sensor pinggir jalan, dan GPS, IBM telah memulai dengan sebuah program pemodelan yang mengantisipasi kemacetan bumper-to-bumper satu jam penuh sebelum dimulai. Lebih baik lagi, ide ini terbukti berhasil pada awal tes bahkan di Jersey Turnpike (jalan tol di New Jersey)
  3. Jaket Pelindung Cuaca Ekstrim. Sudah bukan rahasia lagi jaket pelindung ini banyak digunakan untuk tentara militer. Teknologi ini memakai piring Peltier (menurut Mahasiswa MIT Kranthi Vistakula), yang dapat digunakan untuk menghangatkan atau mendinginkan seseorang dengan mengirim arus listrik di persimpangan antara dua logam yang berbeda. Tentara AS dan India telah menempatkan teknologi ringan untuk menguji hal ini. Berdasarkan tinjauan awal, tidak akan lama lagi akan banyak permintaan dari negara lain.
  4. Nanopartikel akan membuat kemoterapi jauh lebih efektif. Dengan memberikan dosis kecil dari cisplatin dan docetaxel yang tepat untuk sel-sel kanker, para “utusan mini” secara signifikan akan mengurangi rasa sakit dan efek samping dari pengobatan saat ini.
  5. Mobil listrik akan semakin banyak berkeliaran jalan raya. Hal ini dikuatkan oleh pernyataan presiden direktur Tesla Motor. Dalam beberapa tahun, bentangan jalan di Dunia akan terdapat stasiun pengisian cepat untuk mobil listrik.
  6. Atlet akan mempekerjakan robot pelatih. Bayangkan sebuah pesawat tak berawak rotor-propelled yang melacak pola pada T-shirt Anda dengan kamera onboard. Sekarang bayangkan itu terbang di depan Anda dengan kecepatan rekor dunia. Itu hanya awal-konsep sederhana yang dikembangkan oleh para peneliti di Australia.
  7. “Semut” Digital akan melindungi jaringan listrik dari serangan cyber. Diprogram untuk mengembara dan mencari ancaman di jaringan utama, para “detektif teknologi” tingkat tinggi di software ini yang dikembangkan oleh ahli keamanan Wake Forest University Errin Fulp, meninggalkan model jejak digital. Ketika seekor semut digital yang dirancang untuk melakukan bintik masalah, orang lain bergegas ke lokasi untuk melakukan analisis mereka sendiri. Jika operator melihat segerombolan, mereka tahu bahwa disitu ada masalah.
  8. Jembatan akan memperbaiki diri dengan “beton penyembuhan diri”. Diciptakan oleh University of Michigan insinyur Victor Li, komposit baru dicampur dengan microfiber yang menekuk dan anti retak. Keretakan dapat diperbaiki sendiri dalam beberapa hari ketika ion kalsium dalam campuran bereaksi dengan air hujan dan juga karbon dioksida untuk membuat tambalan kalsium karbonat.
  9. Gadget Tablet akan digantikan dengan Gadget Gulungan. Saat ini para peneliti tengah mengembangkan plastik digital untuk menempatkan gambar dan teks.

Namun masih ada beberapa hal yang tetap masih akan sama sampai 10 tahun kedepan, dan juga ada beberapa hal yang akan ditinggalkan atau menghilang dalam 10 tahun kedepan. Silahkan simak artikel selanjutnya mengenai hal tersebut.

Comments (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *