Alat Potong Batu Mulia

Batu mulia alami di Indonesia masih banyak yang belum di olah, saat ini kebanyakan di ekspor keluar negeri dalam bentuk bongkahan, yang mana kemudian setelah mereka beli lantas di cutting dan di poles sedemikian rupa dan dijual kembali ke Indonesia.

Untuk itu, perlu adanya perhatian dari pihak pemerintah pusat dan pemerintah daerah penghasil batu mulia alami untuk mengusahakan alat potong batu mulia.

Berdasar survey kami secara online, alat potong batu mulia ini banyak macamnya dengan rentang harga dari sekitar Rp. 10 juta sampai 1 Milyar.

Untuk mesin potong batu mulia seharga Rp. 50jt an dapat memotong batu mulia sebanyak 3000 pcs per jam, dan ini artinya jika berjalan 10 jam per hari dapat memproduksi 30.000 buah batu mulia yang sudah di poles selain di potong mulai dari 0.1mm sampai ukuran potongan 30mm (3 cm) atau sekitar 30 carat per pcs dan per jam adalah

Jika harga batu bongkahan dijual Rp. 150.000 per kilo gram (seperti banyak dijual dipasaran batu mulia terutama batu alam yang berasal dari Kabupaten Garut), maka dengan dengan mesin potong batu mulia ini dapat diproduksi sekitar:

  • 1 kilo gram = 5 carat x 1.000 = 5.000 carat
  • Asumsi: 30% bagian dapat digunakan, sisanya 70% adalah waste material maka 1.500 carat yang dapat terpakai
  • 1500 carat dengan tiap batu mulia siap jual sebesar 30 carat per pcs maka di dapat 50 pcs

Dengan 50 pcs, dapat dijual sekitar Rp. 50.000 per pcs sehingga hasilnya adalah Rp. 2.5jt per 1 kilo gram bongkahan batu mulia alami. Dan dalam 1 jam mesin potong ini dapat memproduksi 3000 pcs batu mulia jadi atau Rp. 150.000.000 per jam, dan per hari Rp. 1.5 milyar!

Betapa besar manfaatnya untuk para penambang dan pengrajin batu mulia, taraf hidup mereka bisa meningkat dan daya beli masyarakat di daerah tersebut juga dapat meningkat. Jadi jangan hanya berpikir bagaimana mengkokohkan kedudukan di pemerintahan saja, harus jujur bertindak untuk rakyat sehingga anak cucu keturunan kita juga dapat menikmati.

Sudah saatnya sekarang pada pelajar dan akademisi untuk berpikir mencari solusi kerakyatan, misal untuk alat potong batu mulia .. bagaimana cara membuatnya.

Sebagai referensi untuk pembuatan mesin potong batu mulia:

  1. di website alibaba.com banyak yang menjual mesin potong batu mulia, kemungkinan dari sini dapat dilihat bentuk jadinya, serta spesifikasinya.
  2. di youtube dapat dicari video cara kerjanya
  3. googling untuk mendapatkan sistem, rancangan dan bahan-bahannya.

Selamat berkreasi.. semoga ada yang dapat membuat mesin potong batu mulia untuk dijual ke penambang batu mulia di wilayah masing-masing dan tembus pemasaran batu mulia dan mesin potongnya sampai ke manca negara agar negara kita makin tinggi devisanya… aamiin.

 

Mesin Potong dan Poles Batu Mulia
Mesin Potong dan Poles Batu Mulia
Batu mulia alami di Indonesia banyak yang belum di olah, kebanyakan di ekspor keluar negeri dalam bentuk bongkahan, kemudian setelah mereka beli di cutting dan di poles sedemikian rupa dan dijual kembali ke Indonesia.

Comments (4)

  1. […] Perlunya perhatian pemerintah pusat dan pemerintah daerah penghasil batu mulia alami mengadakan teknologi pemotongan batu alam untuk penambang tradisional.  […]

  2. Iwan

    Bagus kali mesin ini, saya sangat berminat
    Apakah bisa dikirim ke saya daftar harga dan spesifikasi nya?

  3. Hadi

    dmn bisa didapat alatnya gan? Tq

  4. rata2 di china yang ada produksi mesinnya ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *