Aneka Manfaat Listrik Tenaga Surya

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat listrik tenaga surya, tentang seberapa bermanfaatkan sumber listrik dari tenaga surya untuk kehidupan masyarakat dunia. Saat ini semua orang tentu membutuhkan listrik untuk melakukan berbagai aktivitas setiap harinya, terutama di malam hari. Tanpa listrik, pencahayaan tentu sangat terbatas dan akan sangat mengganggu aktivitas. Apalagi di zaman yang teknologinya sudah semakin maju ini semakin banyak barang-barang atau aktivitas yang membutuhkan listrik sebagai sumber dayanya.

Namun kenyataannya saat ini di Indonesia, PLN mulai kewalahan dalam menangani pasokan listrik untuk wilayah-wilayah di seluruh pelosok tanah air. Hal ini tidak lain disebabkan oleh bertambahnya terus jumlah konsumsi, tetapi jumlah persediannya sangat terbatas. Nah, untuk mengatasi hal itu saat sudah banyak orang yang memanfaatkan energi surya sebagai sumber listrik di rumah.

Manfaat Listrik Tenaga Surya

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan pembangkit listrik yang cara kerjanya dengan mengubah energi surya menjadi energi listrik. Dan PLTS adalah salah satu alternatif penghasil energi listrik yang memanfaatkan sumber daya alam yang tak terbatas, yaitu energi matahari. Secara umum PLTS menggunakan dua cara dalam menghasilkan energi listrik.

PLTS Termal (Solar Thermal Power Plant)

Cara menghasilkan energi listrik dalam pembangkit ini, matahari digunakan untuk memanaskan fluida yang kemudian digunakan untuk memanaskan air. Air yang dipanaskan tersebut nantinya akan menghasilkan uap yang akan memutar turbin dan akhirnya menghasilkan listrik.

PLTS Fotovoltaik (Solar Photovoltaic Plants)

Jenis pembangkit ini lebih sederhana dari PLTS Termal. Panel suryanya dipasang membentuk susunan, di mana masing-masing panel nantinya akan mengunpulkan energi matahari. Setelah itu energi matahari akan dikonversikan langsung menjadi energi listrik, dan energi inilah yang nantinya dialirkan ke jaringan listrik.

Jika dilihat dari cara kerja dua jenis PLTS tersebut, manfaat listrik tenaga surya tentu sangat menguntungkan, karena sumber dayanya bisa didapatkan dengan mudah, gratis dan tak terbatas. Selain itu PLTS pasti akan lebih ramah lingkungan dan bisa mencegah pemanasan global.

Memangnya apa saja keunggulan atau kelebihan dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya? Keunggulannya sangat banyak, diantaranya:

  • Sumber daya yang digunakan oleh PLTS adalah energi matahari, sebuah energi yang tidak akan habis karena tidak terbatas seperti bahan bakar fosil.
  • Setiap watt yang dihasilkan oleh energi matahari, itu juga berarti kita telah membantu mengurangi pembakaran fosil yang menyebabkan perubahan iklim yang ekstrim.
  • Energi surya menjadi salah satu pilihan paling baik untuk pasokan listrik di daerah-daerah terpencil karena lebih praktis.
  • Untuk sistem rumah surya, dinilai rata-ratam mampu mengurangi 18 ton emisi gas di lingkungan dari rumah kaca setiap tahunnya.
  • Jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang, energi matahari ini bisa sangat menghemat pengeluaran dana ataupun pengeluaran energi. Meskipun kelihatannya mahal, tetapi jika dijalankan dalam jangka waktu lama bisa menguntungkan.

Nah, setelah membaca artikel tentang manfaat listrik tenaga surya tadi, kita semua bisa simpulkan bahwa menggunakan energi matahari sebagai penghasil listrik ternyata tidak ada salahnya dan tidak ada ruginya. Meskipun Anda memang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit di awal ketika Anda ingin memasang panel surya di rumah, tetapi cobalah rasakan nikmatnya dan keuntungannya di waktu-waktu yang akan datang. Sekian artikel kali ini dan semoga menginspirasi dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *