Arti dari Managed Network Services

Perkembangan teknologi terus berlanjut secara pesat pada era ekonomi digital sekarang ini, banyak produsen perangkat komputer, jaringan dan server menawarkan produk yang lebih fleksibel di modifikasikan dan di kolaborasi satu sama lainnya, disinilah peranan Managed Network Services muncul sebagai penyedia layanan pengaturan jaringan komputer perusahaan.

Definisi Managed Network Services

Managed Network Service adalah sebuah layanan pengaturan jaringan dari perusahaan IT outsourcing yang lebih berpengalman, ahli dan fokus dalam menangani jaringan komputer yang kompleks, berikut set layanannya termasuk IT security.

Biasanya perusahaan yang memilki banyak pekerja di kantornya dan terhubung dengan lokasi kantor cabang lainnya cukup kompleks dalam topologi jaringan. Ini berkaitan dengan efisiensi dan kelancaran aktifitas perusahaan pada umumnya, sehingga perusahaan dapat mengurangi biaya perjalanan dinas untuk para super visor dan internal auditor dalam melakukan tugasnya.

Kelancaran operasional IT merupakan faktor penting pada perusahaan dengan skala ribuan karyawan dan perusahaan dengan cabang yang tersebar banyak di beberapa wilayah. Untuk menjaga kelancaran tersebut dan tidak terlalu menguras fokus pada usaha utama, maka perusahaan tersebut lebih baik memilih Outsourcing IT Company sebagai pelaksana pengaturan jaringan komputer LAN dan WAN mereka.

Lingkup Kerja Layanan Pengaturan Jaringan

Sebuah perusahaan penyedia jasa managed network services yang biasanya juga merupakan perusahaan penyedia layanan dan solusi teknologi informasi (IT Services Provider) ini dalam melaksanakan pekerjaan manajemen jaringan clientnya pada awalnya melihat dan memberikan perincian permasalahan dengan tingkatan prioritasnya pada perusahaan client. Sehingga layanan yang ditawarkan dapat berup suatu set paket layanan, dan dalam hal ini perusahaan juga perlu mencermati mana yang boleh di kurangi atau di tambahkan dalam paket layanan tersebut.

managed network services

notes: gambar dan artikel managed network services ini silahkan di copy, re-blog dengan mencantumkan sumber www.mobnasesemka.com

Penyedia layanan manajemen network bertanggung jawab pada kelangsungan kelancaran aktivitas operasional IT perusahaan clientnya tersebut, dan memberikan saran-saran yang diperlukan untuk diterapkan pada jaringan IT perusahaan tersebut, dan manajemen network data center ini termasuk pada bagian layanan para penyedia jasa managed services.

Baik dengan meng-instalasi software, mengkonfigurasikan, atau meningkatkan infrastruktur IT, merupakan lingkup awal pekerjaan Managed Network Services. Setelah itu mereka akan melakukan pemantauan dari kantor mereka sendiri (remote monitoring) dan melakukan penyelesaian masalah secara remote juga. Untuk masalah fisik, biasanya staff IT perusahaan lebih di prioritaskan untuk melakukannya dan tidak menutup kemungkinan Managed Service Provider (MSP) tersebut yang melakukan hal tersebut.

Selain itu, para staff IT juga dapat melakukan komunikasi ke penyedia jasa layanan manajemen jaringan tersebut untuk mendapatkan bantuan atau meminta saran, karena kondisi aktivitas perusahaan bisa saja berubah ke arah tertentu dan membutuhkan skala yang lebih atau dalam menghadapi kondisi yang dinamis..

Terutama untuk masalah back up dan recovery, perusahaan penyedia jasa Managed Network Service dapat di andalkan dalam strategi menghadao hal tersebut, baik dalam hal pemilihan perangkat hardware dan software, metode yang akan di implementasikan, dan hal-hal lainnya, mereka dapat memperinci alasan dan tujuannya.

Perusahaan lebih dapat fokus dalam mengerjakan aktivitas utamanya, dan lebih efisien dalam hal sumber daya manusia, karena perusahaan IT Outsourcing banyak menangani perusahaan lainnya dengan SDM yang ada, disinilah alasan mengapa perusaaan lebih baik menggunakan jasa IT outsourcing. Dan terutama untuk pemerintahan, mereka dapat lebih efisien dalam jangka panjang jika menggunakan jasa IT outsourcing untuk aktivitas operasional pekerjaan sehari-hari (day-to-day operation).

Demikian untuk para perusahaan yang menerapkan Good Corporate Governance (GCG) terutama perusahaan yang melayani publik setiap hari, maka selain membutuhkan jasa managed network services juga untuk Business Conituity Plan dalam antisipasi menghadapi bencana atau kerusakan masalah pada infrastruktur IT, juga diperlukan Disaster Recovery Center selain Colocation Server, dan dalam hal ini biasanya perusahaan IT Outsourcing yang juga menyediakan jasa disaster recovery merupakan perusahaan IT yang dapat diandalkan dalam pekerjaan manage network services.

Kesimpulan:

Managed Network Services merupakan jasa layanan dari sebuah perusahaan IT untuk mengatur, meningkatkan dan menjaga performa jaringan suatu perusahaan agar tidak tersendat aktifitas IT nya. Seperti di perusahaan perbankan dan asuransi yang banyak menggunakan server dan database, tentunya mereka sering mengalami masalah dalam akses ke aplikasi yang digunakan, dan hal ini dapat menghambat produktivitas dan layanan perusahaan secara langsung dan menyeluruh.

Selain itu, untuk perusahaan skala menengah dan organisasi pemerintahan, mereka tidak perlu repot cari tenaga IT yang berpengalaman, dengan menggunakan jasa outsourcing IT tentunya dari segi biaya dapat hemat, juga waktu dan tenaga dapat digunakan lebih fokus dalam aktivitas usaha utama mereka.

Saran:

Tenaga kerja di bidang teknologi jaringan komputer di Indonesia cukup jarang, mereka biasanya lebih dulu di rekrut oleh perusahaan telekomunikasi, perusahaan IT dan Data Center di Indonesia. Oleh karena itu semoga kedepannya banyak para mahasiswa jurusan IT yang mengambil sertifikasi Cisco, Citrix, MikroTik, dan Juniper Network. Semoga makalah artikel Managed Network Services ini dapat menambah wawasan para pembaca. Silahkan simak terus artikel selanjutnya..

 

Managed Services
Managed Services
Elitery Business Solution,
Managed Network Services
Elitery Data Center Operator merge with PT. Inotechindo IT consulting and managed services company specializing in IT outsourcing. This page describe one of their service as a wide shared education on Internet.

Artikel Terkait

Comments (2)

  1. […] di andalkan untuk kebutuhan tersebut. Data center selain memberikan ruangan server juga menawarkan jasa managed services untuk memudahkan tugas para IT Staff di perusahaan pengguna data […]

  2. […] Data Center Perusahaan. Layanan ini memberikan jasa manajemen data center, server storage network management, mitigasi bencana dan rencana kelanjutan usaha jika ada bencana (Disaster Recovery and  Business Continuity Services), hingga ke platform management yang dapat mengkonsolidasikan server-server perusahaan anda ke satu sistem yang mudah di awasi dan di kendalikan termasuk dalam layanan ini adalah managed network services. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *