Cara Membuat Tetes Tebu (Molase)

Molase atau yang biasa disebut tetes tebu merupakan salah satu produk hasil dari pengolahan gula tebu yang masih mengandung gula dan juga asam organic. Molase memiliki bentuk berupa cairan yang kental berwarana coklat. Selain itu, molase juga memiliki kandungan sukrosa yang cukup tinggi yaitu 48%-55% sehingga molase ini seringkali dijadikan bahan baku untuk pembuatan etanol. Pada umumnya, molase juga digunakan untuk ruang lingkup peternakan dan juga pertanian.

Cara Membuat tetes Tebu

Cara membuat molase

Selain itu, molase juga digunakan untuk bahan baku pembuatan MSG, gasohol, alkohol, dan juga sebagai pembentuk asam sitrat yang nantinya semua bahan tersebut digunakan untuk pembuatan aneka bahan baku makanan dan juga obat-obatan. Biasanya, molase dibuat ditemukan di dalam pabrik gula. Proses pembuatan molase sebagai beriktu :

Tahap pertama, tebu digiling terlebih dahulu sehingga mengeluarkan nira mentah yang bentuknya seperti jus. Kemudian, nira mentah tersebut dimasukkan ke dalam sebuah proses pemurnian dengan cara mengendapkan nira kotor sehingga nantinya menjadi nira yang bersih. Lalu, nira bersih ini dilanjutkan dengan masuk ke dalam proses penguapan supaya konsentrasinya terus meningkat hingga mencapai tingkat jenuhnya. Setelah proses penguapan, nira yang sudah kental tersebut akan memasuki proses memasak untuk membentuk Kristal gula. Setelah nira berubah menjadi Kristal gula, selanjutnya memasuki proses pendinginan yaitu dengan memasukan Kristal gula ke dalam alat pemusing dan setelah itu disaring sehingga gula mentah dan tetes tebu menjadi terpisah.

Namun, jika anda tidak bisa membuat tetes tebu atau molase di pabrik maka anda tidak perlu khawatir, karena anda juga bisa membuat molase di rumah. Berikut ini cara untuk membuat molase atau tetes tebu sendiri di rumah :

Bahan-Bahan Pembuatan Tetes Tebu

Gula Putih atau bisa juga dengan Gula Merah sebanyak 500gr
Air mineral bersih 500ml

Peralatan yang Diperlukan

Adukan Kayu
Panci untuk memanaskan air
Kompor

Cara Membuat Tetes Tebu

Tahap pertama yang harus anda lakukan yaitu memanaskan air 500ml terlebih dahulu sampai benar-benar mendidih.
Kemudian, masukkan 500gr gula putih ataupun gula merah ke dalam air yang mendidih.
Lalu, aduk sampai benar-benar tercampur atau larut secara merata.
Setelah itu matikan kompor dan dinginkan.

Ternyata, cara membuat tetes tebu itu tidak sulit kan. Bahan yang digunakan juga sangat mudah di dapat. Sedangkan peralatannya pasti ada di dapur rumah anda. Namun, perhatikan juga takaran dalam gula dan airnya dalam pembuatan tetes tebu ini supaya tetes tebu yang dihasilkan menjadi benar-benar kental. Sebenarnya ada 2 jenis molase yaitu molase gula tebu dan juga molase gula bit. Namun, yang paling banyak digunakan dalam industry gula adalah molase gula tebu. Silakan anda coba membuat molase sendiri di rumah…J

Comment (1)

  1. Pak udin

    Makasih infonya, kirain molasi itu sama dgn msg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *