Cara Menyuling Ethanol

Ehtanol merupakan hasil kimia yang terbentuk dari suatu proses fermentasi. Ada 3 macam jenis material yang bisa digunakan untuk membuat ethanol yaitu saccharine materials (tanaman yang mengandung gula : tetes tebu,buah, sweet sorgum, dll), starchy materials (tanaman yang mengandung pati: gandum, padi, ketela pohon, beras ketan, dll), cellulose materials (tanaman yang mengandung serat : kayu, jerami, batang jagung, dll). Ketiga material ini disebut FeedStock, dari ketiga material tersebut yang paling sering digunakan adalah saccharine materials karena sudah mengandung gula sehingga bisa langsung dilakukan fermentasi.

Cara Menyuling Etanol

Cara Menyuling Ethanol

Ethanol memiliki sebutan lain diantaranya etil alokohol, alkohol murni. Ethanol juga sering disebut alkohol karena termasuk dalam rantai tunggal alkohol pada struktur kimianya. Ethanol juga sering digunakan untuk pembuatan minuman beralkohol, kadar ethanol inilah yang dapat memabukan para peminum alkohol. Ethanol memiliki banyak manfaat seperti bahan baku pembuatan parfum, makanan, dan juga obat-obatan. Dalam proses pengolahan ethanol maka ada tahapan fermentasi yang harus dilakukan, setelah itu dilakukan tahap distilasi atau yang biasa disebut penyulingan. Berikut ini cara menyuling ethanol :

Jika proses fermentasi tetes tebu sudah selesai dan mengahasilkan ethanol. Kemudian, masukkan cairan fermentasi tersebut ke dalam evaporator atau yang lebih dikenal dengan boiler. Panaskan boiler dengan tingkat suhu sekitar 79o-810o Celcius, pertahankan tingkat suhu ini. Pada suhu tersebut, ethanol sudah bisa menguap, tapi air yang ada di dalamnya tidak menguap. Kemudian, uap dari ethanol dialirkan menuju distilator. Pada proses penyulingan atau distilasi tahap pertama biasanya kadar ethanol masih dibawah 95%. Maka dari itu, proses penyulingan ini harus diulang kembali hingga kadar ethanol mencapai 95%.

Setelah kadar ethanol mencapai 95%, tahap selanjutnya adalah mengeringkan air. Caranya, dengan menggunakan zeolit sintesis ataupun kapur tohor. Masukkan kapur tohor ke dalam ethanol dan diamkan semalam saja. Setelah itu, anda destilasi lagi sampai kadar airnya berkisar 99.5%.

Cara menyuling ethanol ini harus sesuai dengan suhu pemanasan boiler dan juga pada proses penguapan sehingga hasil penyulingannya bisa menjadi sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *