Arti Converged Infrastructure

Converged infrastructure adalah operasional beberapa perangkat IT dalam satu paket yang teroptimasi dan merupakan suatu penedekatan teknis manajemen data center untuk mengurangi resiko ketidak cocokan antara perangkat server, sistem penyimpanan, perangkat jaringan. Pada umumnya perusahaan IT menerapkan manajemen infrastruktur terpusat ini untuk sistem data center mereka

Tujuan Utama Converged Infrastructure (Infrastruktur Terpusat)

Infrastruktur terpusat (converged infrastructure) dapat menghemat tempat, penggunaan kabel, sistem pendingin, dan listrik, dengan men-konsolidasi seluruh sistem dan perangkat sehingga layanan IT dapat meningkat kelancarannya dan lebih mudah dalam pengelolaan dari hari ke hari dan dapat mencegah bottle-neck pada sistem IT anda.

Salah satu tantangan perusahaan data center adalah kebutuhan listrik, ketersediaan ruangan dan keterbatasan sistem pendinginan, dengan sistem infsatruktur terpusat para para penyedia data center dapat menjawab tantangan tersebut.

Dengan infrastruktur terpusat sebagai manajemen terpadu pada sebuah data center, mereka dapat lebih memberikan layanan yang ter-ukur secara tepat, fleksibel sesuai kebutuhan, dan juga selalu siap dalam memenuhi kebutuhan yang bertambah dari para clientnya.

Sebuah platform infrastruktur terkonvergensi harus dapat mempercepat dan mempermudah komputasi awan secara signifikan dan ter-ukur serta dapat mendukung pengembangan data center di masa depan dan ini dapat mengurangi biaya investasi perusahaan dengan memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada secara optimal.

converged infrastructure pada data center

Unified Management Software

Platform infrastruktur terkonvergensi (convergence infrastructure platform) memberikan pendekatan yang terkoordinasi dalam pelayanan private clouds. Hal ini dapat memungkinkan kita untuk mengelola semua aspek infrastruktur menggunakan satu sistem saja.

Sistem converged infrastructure selalu dilengkapi dengan sebuah aplikasi pengelolaan terpadu atau yang disebut dengan unified management software yang dapat berguna untuk mempercepat dalam hal penempatan server di data center dan otomasi pekerjaan sehari-hari.

Kriteria Pertimbangan Dalam Menerapkan Converged Infrastructure

Dalam menentukan platform manajemen yang akan diterapkan pada infrastruktur IT anda, ada beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan, antara lain:

  • Template Provisioning. Untuk meng-otomatisasi banyak fungsi pada infrastruktur yang digunakan, sehingga dapat menghemat waktu dalam penyediaan server atau perangkat baru dan meningkatkan ke-akuratan konfigurasi.
  • Pengendalian Terpusat. Dengan manajemen infrastruktur yang terpadu pada seluruh perangkat infrastruktur, maka sebuah data center dapat banyak melakukan otomatisasi pekerjaan sehari-hari dan menyederhanakan pekerjaan dalam menelusuri perangkat serta melakukan konfigurasi perangkat tersebut.
  • Siklus Manajemen Terintegrasi. Sistem terkonvergensi harus dapat mendukung kemudahan dan kecepatan dalam hal penyebaran dan pengawasan seluruh infrastruktur, sehingga data center dapat selalu mengetahui kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan secara optimal.

Hyper-Converged Data Center

Merupakan sistem infrastruktur data center modern yang menggabungkan semua sumber daya infrastructure agar dapat digunakan secara bersamaan tanpa gangguan dan hambatan yang dapat mengendalikan seluruh platform dalam satu aplikasi, sehingga dapat lebih meningkatkan skalabilitas dan meng-optimalkan seluruh sumber daya hardware.

Kesimpulan:

Sistem infrastruktur terpadu ini bermacam-macam praktiknya, ada yang berdasar petunjuk dari para vendor perangkat IT, dan ada juga yang pengalaman terbaik sesuai dengan praktek dan hasil yang dicapai. Intinya adalah untuk memudahkan dan mempercepat dalam pengadaan penempatan server atau colocation server di data center. Sehingga jika ada penambahan server maka para staff di data center dapat dengan mudah mengimplementasikannya secara tepat dan dengan waktu yang sangat cepat.

Dalam menerapkan infrastruktur di data center, kita perlu memiliki pandangan kedepan untuk menanggapi tantangan kebutuhan akan kelancaran operasional IT. Saat ini Hyperconverged data center lebih dipilih dalam penerapan manajemen infrastruktur data center di Indonesia yang semakin berkembang pesat dari waktu ke waktu.

Comment (1)

  1. […] ke sumber daya lainnya yang dapat melayani (sistem back up resource). Hal ini dikenal dengan sistem infrastruktur terkonvergensi (converged infrastructure) dan untuk pengembangan demi melayani kebutuhan yang lebih besar dengan sistem converged data center […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *