Pengetahuan Mengenai Data Center Indonesia

Data Center Indonesia

Data Center yang berarti pusat data, merupakan sekumpulan perangkat komputer dan jaringan komunikasi data baik lokal maupun internasional yang berpusat pada suatu lokasi yang layak dan dapat diandalkan untuk menjadi pusat atau basis data. Saat ini data center Indonesia mengalami peningkatan dan penyebaran secara signifikan.

Perangkat tersebut dapat berupa server dengan spesifikasi tinggi dan kemampuan penyimpanan data yang sangat besar, jaringan komunikasi data fiber optik, dan set pengamanan lokasi dari panas, gempa, dan lainnya sehingga dapat diandalkan sebagai saran penyimpanan data penting perusahaan dan pemerintahan.

Selain itu, data center juga harus menjamin keamanan data yang disimpan secara menyeluruh disamping koneksi yang harus on diatas 99% dan cepat dapat diakses oleh banyak orang.

elitery data center indonesia

Kenapa Menggunakan Data Center ?

Sebetulnya tiap perusahaan dan gedung perkantoran bisa saja membuat ruangan data center sendiri, akan tetapi ini sama saja seperti membuat sebuah perusahaan yang jasanya dipakai sendiri.. tentu akan memberatkan keuangan perusahaan berhubung untuk investasi data center membutuhkan puluhan milyar rupiah dan memerlukan waktu untuk tahunan untuk instalasinya.

Berikut beberapa alasan perusahaan besar dan institusi pemerintahan menggunakan data center:

  • Semakin Banyaknya data yang disimpan, dari waktu ke waktu sebuah organisasi yang berkembang maka akan semakin besar pula keperluan untuk menyimpan data dan mengaturnya sedemikian rupa agar tetap terjaga, sehingga data tersebut dapat dengan mudah digunakan untuk kepentingan mereka. Tentunya dengan menyipan data di perusahan data center dapat menghemat anggaran perusahaan dengan lebih meng-efisiensikan biaya sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemanan dan kehandalan, ini menjadi alasan utama dalam menggunakan data center sebagai tempat penyimpan data atau tempat untuk meletakan aplikasi perusahaan.
  • Efisiensi Anggaran untuk kebutuhan penyimpanan data, perusahaan tidak harus investasi dimuka sangat besar dengan adanya data center, sehingga anggaran perusahana dapat dialihkan untuk ekspansi di bisnis utamanya masing-masing, karena dengan menggunakan data center perusahaan dapat fleksibel menganggarkan sesuai kebutuhan.
  • Mitigasi Bencana. Seperti baru-baru ini gempa yang melanda Jepang, memporak porandakan perkantoran selain perumahan. Kerugian perusahaan akibat gempa akan jauh lebih besar jika tidak ada recovery back up yang tersedia, atau artinya perusahaan tersebut harus memulai dari awal dalam mebangun infrastruktur IT, aplikasi, dan data.

Sebetulnya memang tidak ada wilayah yang 100% aman dari bencana serta gangguan, oleh karena itu seluruh data center Indonesia seyogyanya dibangun khusus untuk menghadapi keadaan tersebut, mulai dari pemilihan lokasi hingga seluruh infrastruktur yang ada pada data center memiliki ketahanan khusus terhadap gempa, kebakaran, kebanjiran, dan lain-lain.

Penyelenggara Data Center Indonesia

Data center untuk pemerintahan di Indonesia sebaiknya menggunakan perusahaan yang dimiliki dan di kelola oleh anak bangsa, karena integritas akan keamanan data dapat lebih terjaga.

Tentunya hanya data center yang berkualitas yang layak untuk di pilih oleh perusahaan besar dan pemerintahan, kualitas tersebut dapat terlihat dari sertifikasi yang mereka miliki seperti pada Penyedia Jasa Data Center di Indonesia yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat – Elitery.

Dengan para profesional ahli dan berpengalaman kelas dunia, dan juga infrastruktur data center yang sudah di sertifikasi oleh pemeringkat khusus secara internasional.. tentunya dapat diandalkan untuk menyimpan data penting perusahaan dan organisasi anda di Indonesia.

Artikel Terkait

Comments (7)

  1. […] staff data center sangat diperlukan untuk memberikan performa yang memenuhi kebutuhan akan layanan data center di Indonesia. Setidaknya staf data center yang diperlukan […]

  2. […] staff data center sangat diperlukan untuk memberikan performa yang memenuhi kebutuhan akan layanan data center di Indonesia. Setidaknya staf data center yang diperlukan […]

  3. […] data center tertinggi di Asia dan Australia, otomatis kontraktor data center dan operator data center di Indonesia harus memilki standar untuk dapat memudahkan pekerjaannya dengan […]

  4. […] Data Center adalah tempat dimana server atau beberapa server baik milik penyedia data center sebagai jasa managed cloud service maupun milik perusahaan hosting yang hanya menempatkan servernya di data center atau melakukan colocation server di data center. […]

  5. […] perlu di blokir pemerintah, cukup syaratkan saja Reddit.Com untuk colocation server pada salah satu data center Indonesia yang memiliki kemampuan up-time setara tier […]

  6. […] modern yang sering ada karyawan di malam hari seperti pada perusahaan teknologi ataupun di perusahaan data center Indonesia yang harus selalu siaga memonitor kondisi infrastruktur IT dan jaringan komputer […]

  7. […] menambah kapasitas di Google Compute Engine atau lebih baik lagi memakai jasa cloud services yang infrastrukturnya menggunakan data center di Indonesia¬†.. disini dapat terlihat etika profesionalisme dari penyedia layanan cloud storage […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *