Macam-Macam Hardware Komputer Beserta Fungsinya

 

1. Hardware input

Hardware input adalah sebuah hardware yangberfungsi sebagai pemasukan data seperti mouse,keyboard dan scanner.

  • Mouse adalah hardware yang berfungsi untuk menggerakan pointer dilayar monitor.

Mouse

  • Keyboard adalah hardware yang berupa huruf,angka dan yang lainnya dan berfunsi untuk mengetik dan bahkan megatur setting bios melalui keyboard dan bisa juga digunakan untuk meng-install OS.

keyboard

  • Scanner, hardware yang berfungsi untuk memasukan data analog menjadi data digital dengan cara memindai suatu gambar dari scanner kedalam sebuah komputer.

scanner

2. Hardware Processing

Hardware Processing adalah sebuah hardware yang dapat memproses data apapun bentuknya seperti mainboard,processor,RAM,HDD,VGA card,power supply dan DVD-RAM.

  • Mainboard merupakan papan induk penghubung semua alat ppenghubung semua hardware processing dari processor sampai DVD-RAM.

Mainboard

  • Processor adalah hardware yang mampu memproses data dalam bentuk apapun.processor dapat dihitung kemampaunnya dengan cara mengukur kecepatan porcessor itu bekerja dalam satuan Hertz(Hz).

Processor2   Processor

  • RAM merupakan suatu hardware yang berfungsi sebagai sarana penyimpanan smentara yang prinsipnya jika komputer hidup data yang sedang diproses akan terus diproses jika komputer dimatikan data ynag diproses akan hilang karena bersifat remanen/sementara.

RAM

  • HDD adalah hardware penyimpana dalam ukuran yang sangat besar dan untuk menyinpan data apa saja.saat ini ukuran terbesar dari HDD adalah 1.5 TB/1500 GB.

HDD

  • VGA card adalah hardware yang berfungsi untuk memproses data grafus misalakan dalam bermain sebuah game VGA card tersebut memproses grafis yang ada dalam sebuah game tersebut,dalam hardware in terjadi suatu kemajuan yang sangat pesat seiring adanya game-game berkualitas grafis tinggi.

VGA

  • Power supply suatu hardware yang berfunsi sebagai penyalualiran listrik yang berada didalam komputer jika hardware ang berada didalam komputer tidak dialiri listrik maka suatu PC tidak bisa menyala.

Power Supply

  • DVD-RAM adalah hardware yang berfungsi untuk menulis dan membaca kepingan CD maupun DVD kemapuannya dapat diukur dengan cara melihat kecepatan baca dan tulis dari DVD-RAM tersebut misalkan 40X kecepatan baca dan tulis diDVD dan 52X kecepatan baca dan tulis diCD.

Dvd Ram

3. Hardware Output

Adalah hardware yang menampilkan hasil data berbentuk gambar,suara dan selembar kertas.contoh dari hardware output adalah monitor,speaker dan printer.

  • Monitor adalah hardware yang berfungi untuk menampilkan suatu gambar hasil proses.tipe monitor sekarang ada 2 yaitu CRT dan LCD.CRT(cathode ray tube)adalah monitor yang berprinsip menggunakan laser-laser warna dalam sebuah tabung(makannya monitor CRT itu cendrung panjang kebebelakang.LCD(liquid crystal display)adalh monitor yang berprisip menguunakan cairan kristal untuk membentuk suatu gambar.

Monitor

  • Speaker adalah hardware yang berfungsi untuk menampilkan data berbentuk suara.

Speaker

  • Printer adalah hardware yang berfunsi untuk memindahkan data dari komputer ke kertas.

Printer

  • PLOTTER

Plotter merupakan perangkat keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter sering digunakan untuk membuata peta, ilustrasi tga dimensi, dan gambar-gambar arsitektur. Beberapa merk plotter yang saya ketahui yaitu, Canon, HP, Epson, dan Compaq.

Plotter

  • FLASH DISK
Flashdisk merupakan media penyimpanan yang memiliki kapasitas tertentu dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB sampai 16 GB. Flash disk bekerja pada sistem oprasi Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Mac OS, Linux, dll. Beberapa merk Flashdiks antara lain, yaitu : Kingstone, Adata, HP, dan MiVo.
FlashDisk

Previous Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *