Internet Sehat untuk Siswa Siswi Sekolah Dasar

Dalam kesempatan ini kami dari team mobnasesemka.com bermaksud menyampaikan kegunaan internet untuk adik-adik di sekolah dasar seluruh Indonesia.

Manfaat dan Kegunaan Internet

Pertama yang harus adik-adik pahami adalah tentang kegunaan internet yang bermanfaat. Adapun manfaat kegunaan internet adalah:

  • Untuk browsing mencari informasi:
    • pengetahuan agama
    • pelajaran sekolah
    • ilmu kesehatan
    • berita dan teknologi
    • produk atau barang
  • Untuk berkomunikasi dengan teman lebih mudah dan murah, dan ini biasanya dengan WhatsApp, Line, Facebook, Twitter, Path, KakaoTalk, dan sarana chatting lainnya. Dalam berkomunikasi dengan teman walaupun tidak bertatap muka namun kita masing-masing harus tetap menjaga ahlak yang baik, tidak untuk memusuhi, bergosip apalaig menyebarkannya, dan akhirnya yang hanya akan terjadi permusuhan.. akan tetapi sarana komunikasi ini ada abiknya untuk sekedar menyapa dan mendoakan satu sama lain.
  • Untuk menonton video pelajaran di youtube, disini adik-adik dapat belajar cara membaca Al Qur’an dengan tajwidnya, dan juga dapat mencari pelajaran lainnya seperti:
    • cara nge-blog dan cara membuat website,
    • cara membuat kue,
    • cara menanam buah
    • cara merawat ternak
    • cara jualan kue, buah dan ternak secara online

Sehingga adik-adik dapat membantu dirinya sendiri lebih mudah dalam hal pelajaran dan pengetahuan, juga dapat membantu orang tua dalam mencari informasi yang mereka inginkan .. misal “dik .. coba tolong carikan nomor telepon taxi” maka adik-adik dapat cari di google dengan memasukan kalimat “nomor telepon taxi”.

Selain itu, adik-adik dengan banyak menonton video pelajaran atau video tutorial di youtube maka insha Allah akan banyak keahlian yang berguna yang bisa dapat adik-adik. Misal dengan pelajari cara blogging, cara buat makanan atau kue, cara menanam buah .. setelah selesai buat kue .. adik-adik dapat foto dan upload fotonya serta berikan harga penawarannya di blog dan kemudian sebarkan melalui sosial media seperti facebook, twitter, path dan lainnya. Dan tentunya ini untuk adik-adik yang duduk di sekolah dasar hal ini akan lebih leluasa dilakukan saat hari libur sehingga tidak menggangu pelajaran utama di sekolah.

Waspada Bahaya Yang Mengancam di Internet

Terutama di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twiter, dan di alat komunikasi chatting yang informasi kita dapat diakses oleh umum seperti Line, karena cukup banyak orang yang sedang meyembah nafsu dan keinginan mereka disitu.

Berikut Hal yang Wajib Adik-adik Waspadai dalam Ber-Inernet:

  • Riya, Ujub, Takabur, Hasad dan Hasud. Ini seperti misal adik-adik punya foto jalan-jalan ke tempat-tempat yang bagus dan mahal biayanya yang teman-temannya jarang ke tempat itu, lantas pajang foto di Facebook dan di status Line, ini sama saja dengan Riya dan Ujub, nanti akan ada yang iri dan menyusahkan adik-adik. Oleh karena itu, cukuplah pasang status facebook dengan kalimat-kalimat yang baik, hadist Rasululloh S.A.W, video tutorial, dan promosi kue tadi.
  • Pornografi dan Ancaman Penculikan. Para penculik tersebut biasanya menggunakan video cabul untuk menarik anak-anak muda dan bahkan anak-anak sekolah dasar dengan menyuguhkan video tersebut, dan kemudian tiba-tiba ada yang menambahkan teman di Facebook dan ajak bicara. Oleh karena itu, jangan pernah sekalipun menonton video cabul dan menambahkan orang yang tidak dikenal ke Facebook kita, Line, KakaoTalk, dan lainnya.
  • Artis Musik dan Sinetron. Di Facebook banyak sekali akun palsu artis musik dan sinetron, selain dengan menonton sinetron yang belakangan ini kurang bagus didikannya untuk adik-adik tonton selain mutu pemain film nya yang jauh dari berkualitas, juga banyak para penculik dan penipu menggunakan nama artis tersebut untuk menjaring calon korbannya.

Jangan pernah pasang status sedang dimana, sedang apa dan kasih informasi nomor telepon di sosial media.

Nah .. demikian tips dan informasi internet sehat untuk adik-adik yang duduk di sekolah dasar, semoga dapat menjaga adik-adik tetap aman dari hal-hal buruk dan semoga adik-adik dapat lebih bermanfaat bagi keluarganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *