Manfaat Biji Sorgum

Biji sorgum masih termasuk ke dalam keluarga rumput yang hidup di dataran yang beriklim tropis dan subtropis di berbagai Negara. Jenis sorgum sebenarnya ada banyak sekali, namun hanya ada 1 jenis sorgum yang bisa dikonsumsi oleh manusia, sedangkan jensi sorgum yang lain biasanya digunakan untuk pakan ternak. Jenis sorgum yang bisa dikonsumsi manusia adalah sorghum bicolor yang berasal dari Afrika, tapi saat ini sorghum bicolor sudah bisa ditemu di seluruh dunia. Saat ini, sorgum paling sering digunakan untuk diolah menjadi sirup sorgum, molase sorgum, dan juga minuman beralkohol.

Selain itu, biji sorgum juga dikenal sebagai bahan baku pembuatan sereal paling penting nomor 5 di dunia, maka dari itu banyak sereal yang memasang gambar biji sorgum saat ini. Bukan itu saja, biji sorgum juga dapat dijadikan makanan pengganti bagi orang-orang yang alergi dengan gandum. Tidak heran jika sorgum juga menjadi salah satu makanan pokok di dunia. Hal ini dikarenakan pada sorgum terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi seperti riboflavin, niacin, thiamin. Selain itu, biji sorgum juga dilengkapi dengan mineral penting seperti zat besi, tembaga, kalium, fosfor dan magnesium.

Manfaat Biji Sorgum

Manfaat Biji Sorgum

Bahkan, biji sorgum juga mampu memenuhi kebutuhan asupan protein pada tubuh manusia yaitu sebanyak 48%. Lalu, apa saja sih manfaat dari sorgum? Berikut ini penjelasannya :

Mencegah Kanker

Pada biji sorgum terdapat lapisan katul yang mengandung antioksidan yang jarang ditemukan pada makanan lain. Kandungan antioksidan pada biji sorgum ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Jika radikal bebas masuk ke dalam tubuh maka dapat merubah sel-sel yang sehat berubah menjadi sel kanker. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi biji sorgum secara tidak langsung juga mencegah timbulnya penyakit kanker.

Melancarkan Pencernaan

Biji sorgum merupakan tumbuhan yang mengandung banyak serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada satu porsi sorgum dapat memenuhi kebutuhan serat pada tubuh kita dalam sehari. Jika pencernaan sehat, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dicerna dengan baik sehingga terhindar dari gangguan pencernaan seperti asam lambung, sembelit, diare, kembung, dan lainnya.

Menambah Stamina dan Tenaga

Vitamin B6 yang terdapat pada sorgum merupakan kunci penting untuk mengubah senyawa makanan menjadi energi yang digunakan untuk setiap gerak langkah tubuh kita. Dengan mengkonsumsi sorgum maka energi tubuh anda dapat terjaga sepanjang hari sehingga anda bisa menjalankan rutinitas harian dengan lebih semangat.

Mengontrol Gula Darah

Pada katul biji sorgum terdapat kandungan zat tannin yang memiliki enzim yang dapat menghambat proses penyerapan pati oleh tubuh sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulin dan juga kadar glukosa dalam tubuh. Dengan begitu, maka penderita diabetes tidak perlu takut terjadi peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh. Maka dari itu, sorgum menjadi makanan pengganti untuk penderita diabetes.

Menjaga Kesehatan Tulang

Sorgum memiliki kandungan magnesium yang sangat bermanfaat untuk membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh. Magnesium dan kalsium sangat berperan dalam proses pembentukan jaringan tulang dan juga menjaga kesehatan tulang sehingga tidak mudah rapuh dan keropos.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi yang terdapat pada sorgum juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit anemia.

Semua manfaat biji sorgum diatas bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi biji sorgum secara rutin. Selain untuk kesehatan, ternyata biji sorgum juga bisa digunakan untuk bahan baku pakan ternak loh sehingga hewan ternak menjadi lebih sehat dan kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *