Pengertian Cloud Hosting dan Contoh Aplikasinya

Cloud hosting adalah hosting dengan sumber dari beberapa server di beberapa data center yang di himpun kedalam satu sistem komputasi awan untuk distribusi melalui jaringan internet. Pengertian cloud hosting dapat bermacam-macam namun untuk lebih jelasnya mari kita lihat topologi cloud hosting dibawah ini.

Topologi Untuk Memudahkan Pengertian Cloud Hosting

topologi untuk memudahkan pengertian cloud hosting

Penjelasan:

  • Data Center adalah tempat dimana server atau beberapa server baik milik penyedia data center sebagai jasa managed cloud service maupun milik perusahaan hosting yang hanya menempatkan servernya di data center atau melakukan colocation server di data center.
  • Server Distribusi di perusahaan hosting bertindak sebagai pengatur sumber daya sesuai permintaan. Baik sumber daya server dan bandwidth pada server di fasilitas data center, maupun server di perusahaan hosting tersebut.
  • Internet sebagai jalur pengantar data ke seluruh pihak baik secara uplink (data request) maupun secara downlink (data packet delivery)
  • Pengguna adalah para peng-akses website melalui browser atau aplikasi khusus seperti aplikasi android, iPhone, dan IoT atau Internet of Things lainnya.

Contoh Aplikasi Yang Menggunakan Cloud Hosting

  • Website Mobnasemka ini memakai cloud hosting, tepatnya Cloud VPS
  • Layanan Musik Spotify memakai cloud hostingnya Google
  • Demikian dengan Google Document
  • Perpusatakaan Digital
  • Aplikasi Usaha seperti Kasir Online, Gojek, dll
  • E-Learning
  • E-Collaboration
  • Aplikasi Fintech

Kelebihan cloud hosting ini adalah multi sumber daya, multi bandwidth, multi storage, multi network, multi lokasi data center dan kesemuanya di kendalikan dengan sistem vitrual sehingga dapat meng-optimalkan akses para pengguna dan sangat mudah untuk di sesuaikan kapasitasnya tergantung dengan kebutuhan sehingga dapat lebih efisien.

Manfaat atau Keuntungan memakai Cloud Hosting

Untuk dapat lebih memahami tentang cloud hosting ini lebih dalam lagi, berikut beberapa manfaat cloud hosting

Dapat Berbagi Data Bersama

Kini para pengguna internet terutama untuk yang bekerja di perkantoran, mereka sama-sama dapat berkolaborasi dalam satu aplikasi manajemen seperti data sharing, project procurement, work progress, jadwal tugas masing-masing.. sehingga lebih mudah di kontrol oleh para manajer dan ini dapat mewujudkan sistem manajemen baru yakni boundary less organization yang artinya para karyawan tidak harus selalu di kantor untuk bekerja, mereka dapat bekerja dimana saja dan tetap dapat ter-kontrol oleh pihak manajemen.

Pendidikan Yang Lebih Murah Dan Luas

Bahkan untuk perpustakaan DPR pun, sebetulnya lebih efisien dan efektif jika dapat menggunakan Perpustakan Digital yang dapat di baca dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke suatu tempat seperti gedung perpustakaan DPR Republik Indonesia (yang rencana akan di bangun). Negara Indonesia dapat hemat ratusan milyar dengan sistem digital library, dan rakyat dapat memantau siapa wakil merka di DPR yang paling banyak membaca dan memberikan tulisan-tulisan bermanfaat. Pengertian cloud hosting ini memang cukup luas bahkan sampai bahkan sampai tingkat internasional seperti proyek wikipedia dan sebagainya.

Layanan Dapat Terus Tersedia Dan Berkembang

Cloud hosting dengan di dukung sistem virtual yang mengelola beberapa sumber daya termasuk dukungan dari fasilitas data center dapat lebih menjamin suatu layanan berbasis cloud hosting dapat terus diakses milyaran orang secara bersamaan, jika ada satu sumber daya yang tidak berfungsi maka sistem virtual cloud hosting secara otomatis akan mengalihkan ke sumber daya lainnya yang dapat melayani (sistem back up resource). Hal ini dikenal dengan sistem infrastruktur terkonvergensi (converged infrastructure) dan untuk pengembangan demi melayani kebutuhan yang lebih besar dengan sistem converged data center ini hal tersebut dapat di penuhi secara cepat dan tepat.

Biaya Lebih Murah

Karena memanfaatkan beberapa sumber daya dan di kelola secara optimal sesuai kebutuhan, maka pemborosan sumber daya dapat di hindari. Kebutuhan saat ini dan yang akan datang dapat lebih terukur dengan sistem cloud, sehingga bagi pemerintah untuk proyek-proyek pengadaan server dan hosting dapat di hilangkan dari proyek pengadaan yang dilakukan oleh pemerintahan di Indonesia, cukup menkominfo yang mengelola rekanan data center dan penyedia sistem cloud. Dan ini lagi-lai dapat menghemat anggaran pemerintah bisa mencapai ratusan milyar rupiah juga.

Kesimpulan Pengertian Cloud Hosting:

Cloud hosting merupakan cara untuk mengelola beberapa sumber daya server dan sumber daya pendukungnya untuk mengoptimalkan pengantaran data ke pemakai sehingga akses ke web atau aplikasi dapat lebih stabil dan secara terus menerus dapat di akses hampir tanpa ganggan.

Dengan keamanan berlapis, mulai dari sisi penyedia data center sebagai pemberi jasa colocation server sampai ke pintu aplikasi.. tentunya dapat lebih menjamin kelancaran dalam melayani para pengguna.

Demikian pengertian cloud hosting secara singkat ini semoga dapat menambah wawasan kita bahwa ada suatu cara yang lebih hemat dan lebih handal dalam melaksanakan suatu maksud yang baik dan bermanfaat.

Semoga dengan pemahaman cloud hosting yang baik, dapat membantu kita semua untuk lebih bijak dalam membuat keputusan.

Notes:

Untuk pihak pemerintahan yang ingin membangun perpustakaan digital, data center, colocation server silahkan hubungi kami melalui comment di bawah ini (comment ter moderasi, dan akan kami pelajari terlebih dahulu sebelum kami respon).

Artikel Terkait

Comments (3)

  1. cloud hosting indonesia

    infonya bagus thor… ijin share ya…

  2. Host

    Top banget ulasan artikelnya akan pengertian cloud hosting gan…, Memang cloud hosting lagi trend dalam beberapa tahun terakhir ini. Oh ya gan, Jika ada waktu mampir ke tempat saya unmetered.co.id / serverdisk.net gan, walau untuk sekedar ngopi bareng, he..he..he Salam Hosting…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *