10 Perangkat Wajib Ada di Data Center Perusahaan Anda

Meningkatkan infrastruktur data center di perusahaan anda selain menambah kualitas sistem data center dan kinerja, juga dapat meningkatkan kemananan server data center perusahaan anda. Berikut daftar perangkat yang wajib ada pada datacenter perusahaan.

10 Perangkat Hardware Untuk Data Center Perusahaan Anda

Blade Server

Blade server untuk menghemat ruangan data centerServer dengan ukuran yang lebih ramping dan hemat energi, biasanya digunakan dalam pengelompokan server (server clustering) yang didedikasikan untuk satu tugas , sepertii:

  • File Sharing
  • Website
  • Keamanan SSL
  • Streaming Audio Video
  • Transcoding

Seperti pada perangkat clustering umumnya, blade server juga memiliki fasilitas load balancing dan kemampuan pengelolaan failover sehingga sangat mendukung sistem konvergensi pada sebuah data center. Blade server membutuhkan rack server khusus yang dapat menampun 1440 server per rack, tentunya sangat menghemat tempat data center dan dalam hal ini blade server mendukung skalabilitas data center dalam hal luas ruangan.

FlyWheel UPSflywheel ups untuk cadangan listrik sementara di data center

Penstabil dan pencadangan listrik untuk keadaan darurat ini berbeda dengan biasanya, dengan menggunakan sistem kinetik di pakai untuk menyimpan cadangan listrik pada sebuah rotor, FlyWheel UPS menghasilkan efisiensi solusi daya listriik lebih dari 97% (power factor 0.97).

Salah satu merk terkenal untuk FlyWheel UPS adalah Liebert yang diproduksi oleh Emerson dengan kapasitas 200kW hanya membutuhkan ruangan 1.8 meter saja, dan untuk kebutuhan 1 mW dibutuhkan luas ruangan 9 meter. Tentu hal ini sangat menghemat tempat di ruangan data center anda sehingga skalabilitas dapat di tingkatkan tanpa harus membangun gedung baru untuk data center terutama di Jakarta yang harga tanahnya semakin mahal.

Retina Scanners

pemindai retina untuk akses kontrol data center perusahaanKeamanan data center sangat penting untuk mencegah akses fisik yang tidak sah ke sistem yang sensitif. Alat pemindai retina dapat memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk masuk ke ruangan data center anda. Ini sama seperti sistem akses kontrol sidik jari, namun akses kontrol retina lebih sulit untuk “diakali”.

Dengan demikian keamanan data center anda dapat lebih di tingkatkan sehingga data pelanggan atau data penting perusahaan tidak bocor ke tangan pesaing.

Ethernet Switch 100Gb

gambar ehternet switch 100GbSwitch ethernet berkecepatan tinggi sangat di perlukan untuk lalu-lintas data di server dengan kebutuhan besar. Dengan kecepatan transfer data 100Gb tentunya aplikasi sistem perkantoran di perusahaan anda dapat lebih lancar digunakan sehingga lebih cepat melayani para pelanggan.

Akses Point Wireless

gambar logo wifiDi era internet of thing segala sesuatu dapat di monitor dan di kendalikan dengan menggunakan jalur wireless dan internet, sehingga perangkat Wi-fi sangat diperlukan untuk monitoring server dalam ruangan data center perusahaan, agar dapat mengurangi jumlah orang yang keluar masuk ke ruangan data center sehingga keamanan data center secara fisik dan konfigurasi fisik dapat lebih terjaga.

Digital Data Shredder

digital data shredderSoftware / aplikasi ini untuk meningkatkan keamanan data di storage server perusahaan anda, sebab dengan proses penghapusan data seperti pada cara biasa melalui perintah “delete” tidak serta merta menghilangkan data tersebut di hardisk server anda kecuali anda format hardisk tersebut dan benar-benar hilanglah semua datanya. Dengan Digital data shredder anda dapat memilih data apa saja yang akan di hapus secara permanen tanpa harus memformat ulang hardisk. Sistem penghapusan data digital ini sudah juga digunakan untuk departemen pertahanan di beberapa negara.

SSD SAN Storage

SSD SAN Storage untuk Server Data Center Perusahaan BesarSolid Stated Disk adalah perangkat penyimpanan data (hardisk) dengan kapasitas yang lebih besar (sampai 768TB), dan memiliki kemampuan transfer data 1 GB / detik sampai 16 GB per detik. Untuk kebutuhan data center di perusahaan besar hardisk seperti inilah yang dibutuhkan, baik untuk aplikasi operasional sehari-hari maupun untuk backup dan restore secara rutin.

Beberapa merk yang populer untuk SSD Storage adalah Dell, HP, Equallogic dan SanDisk. Tentunya untuk meningkatkan performa kinerja akses data dan aplikasi, SSD SAN Storage ini sudah harus digunakan di tiap perusahaan.

 

KVM Consoler Server

Gambar KVM ConsoleKVM merupakan konsol untuk memonitor server anda sehingga tidak perlu memberikan layar monitor pada tiap server di ruangan pusat data anda. Denagn konsol KVM anda dapat memonitor seluruh server cukup menggunakan 1 atau beberapa monitor. Harga KVM ini tidak mahal, namun dapat memudahkan pekerjaan para Network Administrator di lokasi data center.

Virtual Tape Libraries

Virtual Tape Libraries untuk Konvergensi Data Center Perusahaan AndaVirtual Tape Libraries adalah sistem penyimpanan fisik berbasis virtual untuk memudahkan pengelolaan hardisk pada server seperti untuk keperluan backup dan restore yang lebih cepat. Penyusunan ruangan hardisk untuk banyak server dapat lebih terintegrasi dan ruang penyimpanan hardisk dapat dipakai bersamaan dengan sistem serial storage server (Serial Attached SCSI) yang dipadukan sistem virtualisasi untuk pengelolaan penyimpanan tersebut. Ini dapat menghemat tempat dan mengoptimalkan perangkat IT tanpa harus membeli hardisk server lagi jika masih ada ruang penyimpanan di hardisk yang lain di data center perusahaan anda.

Network Attached Storage

Gambar Network Attached Storage ServerNetwork Attached Storage atau Hardisk Wireless untuk pekerjaan internal di data center, sehingga SSD SAN dan VTL dapat di optimalkan untuk melayani aplikasi dan penggunaan utama. Salah satu merk yang terkenal adalah Synology yang menyediakan kemampuan besar untuk sebuah Network Attached Storage.

Demikian 10 perangkat yang wajib ada pada tiap data center, untuk meningkatkan performa kualitas dan kemanan di tiap perusahaan data center sebagai pendukung sistem pencegahan kondisi kritis dan di data center internal perusahaan anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *