Radiasi Sinar-X

Pengertian Radiasi Sinar-X Dan Jenis-jenisnya
Definisi radiasi sinar x merupakan radiasi gelombang elektromagnet dengan panjang gelombang antara 10-11 m sampai 10-8 m. sinar x dihasilkan oleh penyerapan electron berenergi tinggi dalam suatu materi. Radiasi terdiri dari beberapa jenis, dan setiap jenis radiasi tersebut memiliki panjang gelombang masing-masing.
Ditinjau dari massanya, radiasi dapat dibagi menjadi :
  • Radiasi Elektromagnetik
    Adalah radiasi yang tidak memiliki massa. Radiasi ini terdiri dari gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, cahaya tampak, sinar-X, sinar gamma dan sinar kosmik.
  • Radiasi Partikel
    Adalah radiasi berupa partikel yang memiliki massa, misalnya partikel beta, alfa dan neutron.
Jika ditinjau dari muatan listriknya, radiasi dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Radiasi Pengion
    Adalah radiasi yang apabila menumbuk atau menabrak sesuatu, akan muncul partikel bermuatan listrik yang disebut ion. Peristiwa terjadinya ion ini disebut ionisasi. Ion ini kemudian akan menimbulkan efek atau pengaruh pada bahan, termasuk benda hidup. Radiasi pengion disebut juga radiasi atom atau radiasi nuklir. Termasuk ke dalam radiasi pengion adalah sinar-X, sinar gamma, sinar kosmik, serta partikel beta, alfa dan neutron. Partikel beta, alfa dan neutron dapat menimbulkan ionisasi secara langsung. Meskipun tidak memiliki massa dan muatan listrik, sinar-X, sinar gamma dan sinar kosmik juga termasuk ke dalam radiasi pengion karena dapat menimbulkan ionisasi secara tidak langsung.
  2. Radiasi Non – Pengion
    Adalah radiasi yang tidak dapat menimbulkan ionisasi. Termasuk ke dalam radiasi non-pengion adalah gelombang radio, gelombang mikro, inframerah, cahaya tampak dan ultraviolet.
Kesimpulan : Masing – masing contoh dari Radiasi di atas dapat membahayakan tubuh dan organ dalam tubuh bila tubuh kita terlalu sering berkontak dengan Sinar-X.

Previous Post

Next Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *