Review Beberapa Market Place untuk Jualan Online

Review Market Place atau Tempat Jual Beli Online di Internet

Sudah lama pingin nulis tentang penilaian saya terhadap beberapa situs market place di Indonesia. Di Indonesia situs jual beli online sudah dimulai sejak adanya Tokopedia.com. Kenapa Tokopedia adalah pelopor situs jual beli online di Indonesia ? sedangkan beberapa situs lainnya seperti Kaskus, Tokobagus dan Berniaga.Com sudah ada terlebih dahulu.

Definisi Market Place

Situs market place atau jual beli online adalah sebuah website WEB 2.0 yang mana artinya didalam website tersebut orang dapat berinteraksi, dan dalam hal market place tentunya bertansaksi jual dan beli langsung di website tersebut. Sedangkan Kaskus, Berniaga dan Toko Bagus sampai saat ini masih belum mendukung hal seperti itu dan hanya sebatas untuk Iklan Jualan Online, artinya tempat untuk mengiklankan produk jualan anda di Internet seperti iklanbaris online.

Dasar Penilaian untuk Market Place cukup simple hanya ada 3 (setidaknya yang saya ketahui)

  • Fitur Keamanan dan Kenyamanan bertransaksi
  • Aksesibilitas
  • Fleksibilitas

Situs market place Tokopedia dan Bukalapak berfungsi secara keseluruhan, yakni kita bisa jual dan belanja online tanpa perlu khawatir, karena penjual akan menerima bayaran setelah pembeli konfirmasi penerimaan barang, berikut kelebihan masing-masing:

Dalam Hal Pengiriman

Tokopedia masih lebih sempurna ketimbang Bukalapak.Com karena di Tokopedia sudah ada konfirmasi pengiriman barang, sedangkan di Bukalapak.Com belum ada, namun di Bukalapak.com lebih  fleksibel dalam hal pengiriman karena bisa set gratis ongkos kirim untuk wilayah tertentu sedangkan di Tokopedia.com belum ada.

Dalam Hal Penawaran

Tokopedia memiliki fungsi “Dink it” yang sekarang diganti dengan “Promo” untuk menempatkan halaman jualan kita pada halaman utama Tokopedia.com, ini belum ada di Bukalapak.Com. Sedangkan bagusnya Bukalapak.Com ada fitur “Nego” dan sistem “Booking”.

Dalam Hal Komunikasi Penjual dan Pembeli

Disamping mail box, Tokopedia memiliki fitur komentar pada produk dan ulasan produk serta pemberian peringkat untuk produk dan pelayanan si penjual. Sedangkan di Bukalapak.com selain mail box juga disediakan “Rekomendasi” baik sebagai penjual maupun sebagai pembeli.

Dalam Hal Aksesibilitas

Menurut saya baik Tokopedia maupun Bukalapak cukup mudah di akses dan cukup mudah di gunakan, tidak seperti tokobagus yang tidak dapat menyimpan password sehingga kemungkinan anggota seperti saya akan sering lupa dan buat akun baru lagi.

[adsenseyu1]

Baik Tokopedia dan Bukalapak, mereka cukup tinggi popularitas pencariannya di search engine dan lebih tinggi ketimbang Tokobagus, apalagi Berniaga.Com, karena didalam situs market place banyak orang yang berinteraksi baik menunggu dagangannya maupun mencari barang, sedangkan di Tokobagus dan Berniaga sang penjual jika sudah iklan maka akan tunggu telepon dari pembeli, dengan demikian lebih sedikit kemungkinannya untuk mengunjungi lagi website tempat jualannya. Kesimpulannya, Tokopedia dan Bukalapak memiliki bounce rate yang lebih rendah ketimbang Tokobagus dan Berniaga (apalagi karena mereka iklan di TV, orang yang hanya ingin tau mungkin dapat mengunjungi dan meningkatkan page views website saja, akan tetapi bounce rate website akan semakin tinggi).

Dalam Hal Fleksibilitas

Baik Tokopedia dan Bukalapak masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti fitur Nego, fitur Gratis Ongkos Kirim, fitur Komentar / Diskusi Produk, dan lain-lain. Demikian fitur tersebut adalah pelengkap tersendiri yang menjadi daya tarik pada situs market place tersebut baik bagi penjual maupun pembeli.

Disni saya hanya memberikan opini yang independen, sesuai pengalaman dan pengamatan selama belasan tahun di dunia online, demikian anda sendiri yang berhak memutuskan lebih bagus yang mana.

Saya sendiri masih berjualan dibanyak situs market place dan situs iklan online baik di Indonesia maupun di luar negri seperti Adpost (Singapore) dan Craiglist (USA), gak ada ruginya dicoba, mungkin kedepannya akan saya coba beri rating untuk beberapa situs jual beli online.

Terimakasih, semoga bermanfaat untuk adik-adik di seluruh Nusantara, silahkan simak bahasan selanjutnya “9 Cara Sukses Jualan di Situs Market Place

#FlyingEagle

Comments (8)

  1. […] kalimat atau kata-kata yang mungkin adalah sebuah definisi atau merupakan induk halaman, contoh: Definisi Market Place dan biarkan untuk internal linking ini untuk membuka di halaman yang sama, karena jika terlalu […]

  2. […] bahasan sebelumnya mengenai Review Market Place di Indonesia, berikut beberapa tips untuk dapat sukses berjualan di situs-situs market place baik secara […]

  3. Terimakasih buat reviewnya, tetapi untuk tokopedia emang agak ribet makenya ya, soalnya sering server error. sukses bro

    • sekarang sih dah agak jarang servernya error .. kalau soal ribet makenya itu kebiasaan aja mungkin ya .. misal login, klik tombol beli, bayar dan konfirmasi .. justru kedepannya cara yang “agak ribet” ini akan memudahkan penjual dalam melakukan penjualan .. bisa di bayangkan jika 1000 orang telpon / BBM setiap hari untuk tanya2 ongkos kirim barang yg mau mereka beli, stok ada apa enggak .. harga grosiran berapa .. minimal grosir berapa .. apalagi jika ternyata yang beli dari 1000 orang tersebut hanya 1 orang :d

  4. Wah thx ulasannya, btw kalau jualan di market place luar negeri gmn tuh sis? Ongkirnya itungnya dan transfernya gmn? Makasih yah….pgn coba juga nih go internaional

    • kalau market luar coba jualannya di Ebay … tapi di Ebay harus hati2 .. artinya keterangan produk harus sesuai dengan produknya .. salah2 pembayran di paypal bisa mereka tarik melalui ebay (claim report).

      untuk pengiriman, nah ini dia .. kalau barang kecil di bawah 20 gram bisa pakai pos EMS yang rata2 sekitar USD 2 tapi kalau lebih .. mungkin bisa sekitar USD 5 sampai USD 10, silahkan cek tarif pengiriman pos ke luar negeri (have a nice googling)

  5. Betul tu… saya setuju dgn awak … pos nih patut jadi lebih terkenal dengan artikel nie..

  6. […] kita review mengenai jualan online di situs market place dan diskusi cara sukses berjualan online di situs marketplace tersebut didalam artikel, sekarang […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *