Sarana Berjualan Online Untuk “Serious People”

Setelah kita review mengenai jualan online di situs market place dan diskusi cara sukses berjualan online di situs marketplace tersebut didalam artikel, sekarang saatnya kita pelajari Sarana untuk Jualan Online yang lebih Efeketif.

Mungkin sudah pada nebak .. Website Toko Online merupakan sarana terbaik saat ini untuk yang sudah mulai serius jualan online, namun jangan salah tebak dulu .. tidak semua yang berjualan dengan Toko Online dapat meraih kesuksesan dalam bisnis yang mereka jalankan.

Apa Sebabnya ?

Banyak faktor yang menyebabkan sebuah Toko Online menjadi kurang bermanfaat bagi pemilik pelaku usaha. Faktor tersebut merupakan kebalikan dari Faktor Suksesnya Usaha dengan Website Toko Online, berikut faktor sukses tersebut:

Website Toko Online harus dapat mudah di-akses

Ini prosesnya mulai dari analisa keyword, pemilihan domain, sampai ke hosting  dan website sudah ter-optimasi dengan baik, berdasar pengalaman .. tidak perlu over optimized yang penting original content atau keterangan produk anda bukan hasil copy paste dari sumber lain.

Walaupun anda Agen Dropshipping namun tetap anda harus bisa lebih kreatif, apalagi jika sumber anda punya website juga maka mau tidak mau anda harus berupaya “over-lap” popularitas web sumber anda. Reff: #KiosMaya

Layout dan Navigasi web perlu yang se-simple mungkin baik untuk di akses di PC/Notebook maupun di Telepon Seluler. Gunakan gambar yang filenya berukuran tidak terlalu besar, jika website anda terlalu besar data yang harus di unduh maka kemungkinan dapat di De-Index bahkan sampai di Penalty oleh Google.

[adsenseyu1]

Kemudahan dalam melakukan transaksi adalah salah satu fungsi dari Toko Online untuk dapat lebih mudah mendapatkan penjualan, karena jika tidak mudah dalam bertransaksi, alias tidak ada modul pengiriman, tidak ada kejelasan bagaimana cara order dan sebagainya maka akan lebih sulit untuk medapatkan penjualan!

Banyak Produk Baru setiap Harinya

katakanlah .. minimal 1 produk per hari dan idealnya 5 produk per hari dengan croping gambar, dan menulis deskripsi dengan kata-kata yang dapat meyakinkan pengunjung, disini kita bisa implementasikan Strong Call to Action dengan “Klik tombol Beli” atau “Ayo segera dapatkan” dan sebagainya.

Selalu hindari konten deskripsi yang terlalu sama persis dengan halaman produk lainnya di wesbite online store anda, gunakan bahasa yang mudah di mengerti, bahasa yang baik dan benar tapi tidak terlalu kaku, gunakan bahasa anda sendiri. Disini “Content Material” website anda di nilai oleh Crawler / Robot search engine ..

Traffic Pengunjung Website

Toko Online bisa juga disebut Toko di Atas Awan atau Cloud Store bukan cloud store penerbangan seperti AirAsia yang “dilayani oleh pramugari cantik ya 😉 jika begini maka siapa yang mengetahui toko anda ? dan jika tidak ada, maka siapa yang akan beli ? atau bahkan telpon pun tidak ada.

Mesin Indexing Google juga menilai Pengunjung Website, dan ini berarti :

  • Sumber pengunjung, jangan pernah pakai jasa web traffic yang sumber pengunjungnya terbaca hanya dari 1 IP atau domain saja, dan jangan pernah cari pengunjung website melalui Iklan Rotasi Pay Per Click, cukup tiap upload produk lanjut sebarkan ke puluhan social media dan social bookmarking saja, sesuai kategori dan bahasa. Disini saya ada lihat beberapa yang tergelincir … *sh*t happen on the way to success :d
  • Bounce Rate, artinya semakin banyak Page Views dibanding Visitor maka persentase bounce rate atau single visit semakin turun dan disini penilaian search engine mana web yang bermanfaat mana yang enggak.

Jika visitor sudah stabil dari hari ke hari, tidak mengapa 10 sampai 20 visitor perhari, percayalah jika sumber pengunjung anda adalah organik serta page content anda memiliki nilai atau authority tinggi dengan keaslian konten dan kaya variasi kata-kata .. lama kelamaan website anda akan dapat mendominasi kata kunci pencarian di Google, usahakan mendapat Page Rank 3 dan hati-hati kalau beli domain di Flippa.Com (kabarnya banyak Ranking Domain tembakan, WA :-??)

Konsisten dan Pantang Mengeluh

Alhamdulillah saya dipercaya menangani puluhan website toko online Jakarta, Malang dan Bandung. Saya banyak melihat mana yang konsisten dan mana yang sangat kurang konsisten baik dalam upload produk, maupun sebar ke social media dan social bookmarking. Bahkan ada yang saya lihat nge-back link sana sini dan bayar traffic, wal hasil .. paling bagus pencarian urutan ke 20 di google.com (halaman ke dua paling bawah :D)

Untuk yang konsisten, mereka bisa datangkan pengunjung ke website bahkan sampai 700 visitor per hari dan bahkan lebih!! ini berjalan selama 3 bulan, setelah itu website tersebut kebanjiran order, mulai dari yang add PIN BlackBerry Messenger sampai yang borong ratusan barang hampir ribuan barang dari pedagang grosir di Tanah Abang. Sekarang websitenya stabil di 200 sampai 300 visitor per hari dengan page views di atas 1000 dan sudah mendapat Page Rank 3, saya hanya terkadang “dorong” produk-produk barunya untuk di submit ke website bookmarking yang page rank 4 ~ page rank 8.

Tidak Sembarangan Pakai Jasa Internet Marketing

Kebetulan client saya disini ada beberapa yang minta bikinin backlink berkualitas dan biasanya memang butuh beberapa bulan untuk dapat “nge-roket seo” alias terdongkrak oleh ranking website lain, akan tetapi saya melihat sumber traffic website susu kambing ini di dominasi dari 1 domain yakni domainnya si penyedia jasa web traffic, ini seperti boncengin motor karung beras jadinya :d

Ada juga beberapa yang pakai jasa back link akan tetapi melalui Blog Commenting dan cendrung “nyampah” dan juga saya melihat anchor text nya berisi kata-kata terlarang berdasar Google Webmaster Guidelines.

Kesimpulan:

Seperti yang dikatakan di comment sebelah oleh saudara kita di TDA-JAKTIM “Sukses itu mudah asal tau caranya” sekarang pertanyaannya setelah tau caranya adalah “Mau jalani caranya secara konsisten atau enggak”

Secara mutlak, gunakan Website Toko Online yang berkualitas dan usaha yang konsisten, maka hasilnya akan terus menerus didapat serta berkualitas juga tentunya!

Demikian artikel ini semoga dapat memberikan tambahan terutama bagi adik-adik magang PKL maupun para Online Entrepreneur di Indonesia.

Comment (1)

  1. […] Simak artikel menarik selanjutnya mengenai Sarana Jualan Online yang Lebih Efektif. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *