SQLite

Pengertian SQLite

382px-SQLite370.svg

SQLite merupakan virtual database server yang dikemas sedemikian praktis dan ringan (lightweight) serta sudah didukung secara built-in oleh PHP 5. Hal ini membuat anda tidak perlu melakukan konfigurasi tambahan ketika ingin menggunakan SQLite.

Dukungan ini dilakukan melalui modul yang sudah termasuk di dalam PHP 5 begitu anda menginstal PHP. Meskipun sudah didukung, namun untuk dapat menggunakan SQLite dalam aplikasi, maka anda tetap membutuhkan SQLite database server.

Perlu diperhatikan, dukungan yang dimaksud adalah dalam bentuk modul, sedangkan untuk melakukan administrasi database anda tetap memerlukan server. Namun anda tidak perlu khawatir, karena program SQLite cukup praktis serta mudah digunakan, berbeda dengan kebanyakan database server yang ada.

Keberadaan SQLite ini pula yang menjadikan kedudukan MySQL sebagai database server yang digandeng bertahun-tahun mulai bergeser. Tentu saja hal ini bukan berarti PHP tidak mendukung kemampuan canggih MySQL yang sudah teruji, namun untuk memberikan solusi praktis dengan database yang sudah tertanam (embeddable SQL database engine).

SQLite Database Server

Pada prinsipnya SQLite merupakan library C yang diimplementasikan secara embeddable (tertanam) sebagai SQL database engine. Hal ini akan memungkinkan program yang berhubungan dengan SQLite dapat mengakses database tanpa menjalankan proses RDBMS secaraterpisah, sebagaimana pada umumnya ketika anda menggunakan MySQL Server, PostgreSQL, Oracle, dan sebagainya.

Kemasan praktis inilah yang memberikan banyak sekali keuntungan, di mana anda tidak perlu melakukan manajemen database server terpisah. Selain itu, ukuran kecil yang sengaja didesain pada SQLite memungkinkan kita untuk membuat aplikasi yang ringan dengan kinerja tinggi.

Previous Post

Next Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *