Transformasi Digital Lebih Lancar Pada Lingkungan DevOps

Saat ini, seluruh bisnis menjadi lebih digital. Para CIO harus mempertimbangkan bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkan data untuk kemajuan bisnis. Digitalisasi bisnis terjadi dimana-mana, inovasi terbaru terus menambah perubahan cara melakuan sesuatu. Kecepatan melalui proses yang lebih sederhana merupakan salah satu tujuan dari transformasi digital. Transformasi digital menjadi kebutuhan pada tiap bisnis. Lingkungan DevOps merupakan lingkup ekosistem digital yang paling sesuai untuk membuat lancar proses transformasi digital.

Transformasi Digital Lebih Lancar Pada Lingkungan DevOps

Lingkungan DevOps Memperlancar Transformasi Digital

Teknis dari transformasi digital adalah dengan melakukan inovasi dan integrasi terus menerus. Inovasi tersebut merupakan hasil produksi dari para pengembang di perusahaan untuk membuat bisnis menjadi lebih digital. Sehingga, baik para karyawan maupun para pelanggan dapat lebih mudah dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

Contoh penerapan DevOps dapat kita lihat pada beberapa perusahaan startup di Indonesia. Seperti pada marketplace BukaLapak.Com yang di halaman depannya terdapat fungsi untuk isi pulsa, bayar listrik dan sebagainya, hal tersebut merupakan fitur. Fitur tersebut merupakan hasil produksi dari kolaborasi antara pengembang dan pihak operasional BukaLapak.Com. Dengan mendekatkan Dev dan Ops sebisa mungkin dalam bekerja, hal tersebut dapat mempercepat hasil produksi fitur-fitur baru.

Penggelaran fitur baru tersebut memerlukan pengujian sebelumnya. DevOps yang menggunakan sistem wadah / kontainer Docker, memungkinkan pengembang memiliki lingkungan pengujian semirip mungkin dengan lingkungan sistem yang berjalan. Hal ini selain mempercepat hasil produksi para pengembang juga dapat meminimalkan kesalahan.

Jika perusahaan anda belum menggunakan Docker maka artinya lingkungan DevOps belum berjalan. Hal tersebut akan meningkatkan potensi downtime saat menerbitkan fitur baru. Sebagaimana yang kita sudah pahami, downtime dapat mengakibatkan biaya dan kerugian yang sangat besar. Terutama bagi anda para CIO di perusahaan skala besar, tentunya downtime sangat menghantui hidup anda. Untuk itu, perusahaan dapat mengandalkan sarana disaster recovery sebagai penanganan downtime.

Dari gambaran tersebut diatas, kita dapat pahami bahwa lingkungan DevOps akan sangat mendukung kelancaran anda dalam proses transformasi digital. Transformasi digital merupakan strategi jangka panjang, yang sering di sebut sebagai Transformasi Digital Berkelanjutan.

Transformasi Digital Merupakan Strategi Jangka Panjang

Oleh karena itu, lingkungan DevOps sangat dibutuhkan untuk perusahaan yang sudah memahami pentingnya transformasi digital. Banyak perusahaan besar yang tergerus pangsa pasarnya oleh perusahaan startup karena kurang cepat merespon perubahan ini. Kecepatan dalam mengantarkan fitur baru ke pasar merupakan keunggulan kompetitif.

Sebagai contoh, perusahaan minimarket yang menyediakan aplikasi belanja dan dapat terhubung ke beberapa jasa kurir seperti Go Shop atau Grab Shop dan lainnya akan lebih cepat dalam perputaran stok. Omset penjualan merekapun akan lebih cepat meroket. Sekarang mari kita selami dari sisi konsumen. Jika saya ingin membeli sesuatu di mini market, akan tetapi timbul rasa malas baik karena letih, maupun karena panas. Otomatis hal ini akan menyebabkan potensi penjualan di minimarket hilang. Namun, ketika kita dapat manfaatkan aplikasi Web atau Adroid untuk belanja, maka transaksi penjualan minimarket akan terjadi.

Dari gambaran tersebut, dapat kita pahami bahwa transformasi digital dapat menurunkan kemungkinan orang untuk tidak jadi membeli. Dan tentunya secara otomatis, transformasi digital akan meningkatkan penjualan pada seluruh jenis bisnis. Minimarket hanyalah salah satu gambaran saja, transformai digital dapat bermanfaat untuk usaha apapun.

Selanjutnya, jika seluruh usaha sudah memiliki aplikasi sebagai nilai pembeda dan mendapatkan keunggulan kompetitif, maka fitur baru merupakan persaingan di era digital. Pelemparan fitur baru kepasar inilah yang akan mewarnai pergeseran dalam persaingan usaha. Oleh karena itu, transformasi digital merupakan strategi jangka panjang dan berkelanjutan.

Paradigma diatas sangat perlu dipahami untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada saat ini. Baik untuk sektor bisnis maupun pemerintahan. Pihak pemerintah dapat meningkatkan penjualan hasil kerajinan, perkebunan dan peternakan di wilayahnya dengan ber-transformasi digital. Sebetulnya, Smart City di Indonesia harus dimulai dari transformasi digital di tiap wilayah untuk meningkatkan potensi daerah.

Kondisi Transformasi Digital di Awal Tahun 2017

Penyerapan DevOps di ASIA cukup lambat. Transformasi digital perlu kepemimpinan yang update dengan perubahan dan perkembangan. Transformasi digital perlu di kepalai oleh seorang Chief Digital Operations, sehingga lingkungan DevOps dapat sukses terbentuk. Meskipun begitu, transformasi digital dapat di lakukan tanpa lingkungan DevOps. Namun dengan lingkungan DevOps, transformasi digital dapat menjadi suatu tantangan dan kegiatan yang menarik.

Infrastruktur ICT di Indonesia sudah sama kualitasnya dengan infrastruktur ICT di belahan dunia manapun. Hanya saja, Indonesia masih memerlukan dorongan dari pemerintah tidak hanya sampai pada kebijakan saja. Seperti penegakan kedaulatan data, hingga akhir tahun 2016 masih belum dilaksanakan oleh Kominfo. Jika kedaulatan data dapat di tegakkan maka satu batu sandungan transformasi digital di Indonesia telah hilang.

Era Fintech sudah mulai sering diberitakan, akan tetapi ini akan menemui hambatan di beberapa saat setelah munculnya era ini, kecuali kedaulatan data di tegakkan pada kuartal awal tahun 2017 ini.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah mulai secara proaktif melakukan transformasi digital. Ini merupakan angin segar di Indonesia. Dimana teknologi informasi semakin cepat berubah, di dorong IoT dan Big Data, keamanan merupakan hal yang paling krusial dan sangat perlu diperhatikan oleh setiap pimpinan perusahaan. Lingkungan DevOps dapat menyediakan ekosistem digital yang simple, efisien dan lebih aman.

Kesmipulan

Indonesia merupakan negara yang sangat berpotensi, baik sumber daya alamnya maupun sumber daya manusia. Di lain sisi, Indonesia merupakan negara dengan pangsa terbesar di ASEAN yang tengah memasuki era evolusi digital. Perusahaan di Indonesia mulai melakukan proses transformasi digital berkelanjutan. Perusahaan besar juga sudah mulai menata ulang bisnis mereka untuk dapat lebih cepat merespon perubahaan dan semakin Go International. Lingkungan DevOps merupakan syarat utama dalam penerapan proses transformasi digital di seluruh jenis bisnis.

Transformasi digital bukanlah hambatan dan merupakan sesuatu yang sudah tidak dapat dihindari lagi baik untuk sekedar bertahan dalam bisnis maupun untuk menjadi pemimpin pasar. Transformasi digital merupakan tantangan yang menarik dan dapat sangat bermanfaat dalam memenangkan persaingan secara lokal dan internasional.

Kami akan sangat sangat senang sekali mendengar pendapat anda.. silahkan berdiskusi melalui reply comment dibawah ini. Terimakasih.

Lingkungan DevOps Memperlancar Transformasi Digital
Lingkungan DevOps Memperlancar Transformasi Digital
Transformasi digital bukanlah hambatan dan merupakan sesuatu yang sudah tidak dapat dihindari lagi baik untuk sekedar bertahan dalam bisnis maupun untuk menjadi pemimpin pasar.
Elitery.Com

Artikel Terkait

Comments (2)

  1. […] adalah bisnis yang sukses beradaptasi dengan perubahan. Selain infrastruktur IT yang kuat, agar transformasi digital dapat berjalan lancar, perusahaan harus mengadopsi pendekatan DevOps. Hal ini akan menigkatkan kecepatan, efisiensi dan […]

  2. […] tersebut merupakan hasil dari penerapan proses transformasi digital untuk jasa pengiriman barang / jasa kurir. JNE dan jasa pengiriman konvensional lainnya, hal […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *