Wifi Belkin Router

Review Belkin Play Max Wireless Router

Fasilitas Berlimpah

belkin

Perangkat ini dilengkapi kemampuan unduh torrent dan streaming multimedia.

Belkin Play Max ini adalah sebuah wireless router yang memiliki bentuk layaknya router pada umumnya. Meskipun ukuran fisiknya besar, perangkat ini memiliki bobot ringan karena bahan yang digunakan adalah plastik.

Posisi standar Belkin Play Max ini adalah vertikal. Sebenarnya wireless router ini dapat juga diposisikan horisontal. Namun dudukan plastik yang ada di bawahnya harus dilepas. Lagipula Belkin Play Max ini sepertinya kurang mantap saat diposisikan horisontal karena bentuknya yang agak membulat.

Belkin Play Max ini hanya memiliki satu buah lampu indikator yang diposisikan di atas di dekat tombol pintas WPS. Di bagian belakangnya terdapat cukup banyak port. Terdapat lima buah port RJ45: satu buah berwarna kuning untuk WAN, sementara empat buah sisanya untuk LAN. Selain itu, terdapat juga dua buah port USB. Anda dapat berbagi pakai file Anda dengan memasangkan media penyimpanan pada port USB tersebut.

Belkin Play Max ini memiliki dukungan jaringan koneksi nirkabel dengan standar 802.11n yang mampu mengalirkan data hingga 300 Mbps. Router ini mendukung dua gelombang sekaligus, yaitu 2.4 GHz yang umum digunakan dan 5 GHz. Asyiknya, keduanya bisa aktif secara bersamaan. Jadi, kalau Anda memunyai perangkat yang sudah mendukung frekuensi 5 GHz, Anda akan menemukan dua buah SSID dari router ini.

Router ini dapat langsung Anda gunakan tanpa harus melakukan konfigurasi awal terlebih dahulu. Namun untuk dapat menggunakan fungsifungsi khususnya, Anda harus melakukan instalasi aplikasi bawaan yang telah disertakan. Belkin telah melakukan beberapa konfigurasi ringan pada router ini. Informasi tersebut dapat dilihat pada kartu yang diselipkan pada bagian bawah router.

Halaman panel kontrol Belkin Play Max ini cukup sederhana namun lengkap. Terdapat dua bagian utama yaitu deretan menu di sisi kiri. Sementara sisi kanannya memuat berbagai informasi pada menu yang sedang dipilih. Saat masuk pertama kali, Anda akan disuguhi informasi tentang status router ini serta fungsi-fungsi yang sedang aktif. Pengaturan DHCP, WAN, LAN, WPS, dan guest access adalah beberapa feature yang tersedia pada Belkin Play Max ini. Selain itu ada juga Video Mover yang berfungsi untuk streaming file multimedia dari komputer Anda ke perangkat lain (seperti game console). Ada juga Torrent Mate untuk melakukan download file melalui torrent.

Untuk kebutuhan standar, Belkin Play Max ini sudah cukup memadai. Namun kalau kebutuhan Anda haus bandwidth seperti streaming video HD, router ini tampaknya akan sedikit kewalahan. Di balik kinerjanya yang biasa saja itu, Belkin Play Max menawarkan beragam fasilitas menarik yang pantas dicoba.

 

Spesifikasi  Belkin Play Max Wireless Router

Standar
802.11b, 802.11g, 802.11n
Konektor
1 x WAN, 4 x LAN 10/100mbps
Modus Operasi
Router, Access Point
Kecepatan transfer data
Maksimum 300Mbps
Fasilitas
– DHCP Server
– WPS
– Firewall
– MAC Address Filter
– Torrent
– Guest access
– Self healing
Bobot
376 gram
Kelengkapan
– Power adapter- Kabel RJ45- CD Manual & Buku Panduan
Garansi
1 tahun
Situs web
http://www.belkin.com
Kisaran harga*
US$120

 

Kelengkapan Port
Empat buah port LAN dan satu buah port WAN diletakkan di bagian belakang. Selain itu ada juga 2 buah port USB.

Belkin Port

Informasi Kecepatan
Hasil pengujian Belkin Play Max dengan menggunakan NetIQ. Terlihat throughput serta response time yang kurang istimewa.

Belkin Speed

Antarmuka
Beginilah tampilan antarmuka awal panel kontrol web yang berisi status dan feature yang sedang aktif.

Belkin Antar Muka

 

  • Plus     : Instalasi mudah, frekuensi ganda, antarmuka panel kontrol mudah dimengerti, feature banyak
  • Minus : Bentuk agak besar, diperlukan aplikasi tambahan untuk menggunakan feature tertentu, kinerja agak lambat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *