10 Trend Teknologi Informasi Paling Strategis di Tahun 2017

Wakil Presiden di Gartner Research, David Cearley telah mengidentifikasi sepuluh trend teknologi informasi strategis untuk tahun 2017. Hal ini disampaikan pada Gartner Symposium yang telah berlangsung di Orlando. Dia mendefinisikan kata “strategis” untuk trend teknologi informasi adalah yang memiliki potensi signifikan selama lima tahun ke depan. Dia juga mencatat bahwa mereka adalah “enabler” utama di balik peluang bisnis digital dan algoritmik. Perkembangan dunia digital akan mengalami perubahan. Berikut resume trend teknologi informasi yang diprediksi akan menjadi hal paling penting di tahun 2017.

10 Trend Teknologi Informasi Strategis di Tahun 2017

10 Trend Teknologi Informasi Paling Strategis di Tahun 2017

  1. Kecerdasan Buatan dan Machine Learning
  2. Aplikasi Intelijen
  3. Intelligent Things
  4. Virtual dan Augmented Reality
  5. Sistem Percakapan
  6. Digital Twin
  7. Platform Teknologi Digital
  8. Blockchain dan Buku Pembantu Terdistribusi
  9. Aplikasi Mesh dan Layanan Arsitektur
  10. Arsitektur Keamanan Adaptif

Mari kita dalam sedikit mengenai trend teknologi informasi tersebut.

AI dan Advanced Machine Learning

Kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin canggih (ML) yang terdiri dari teknologi dan proses seperti pembelajaran yang mendalam (deep learning) dan jaringan saraf. Sebelumnya hal ini dimulai sebagai algoritma untuk mengotomatisasi tugas-tugas manual, meminjam dari teknik statistik canggih yang telah berkembang menjadi kerangka yang lebih luas dan arsitektur yang dapat belajar seperti manusia, dan dapat menggunakan data historis untuk memprediksi masa depan. Sistem ini akan menjadi lebih mudah beradaptasi dan berpotensi beroperasi secara mandiri.

AI dan Machine Learning menimbulkan spektrum implementasi yang cerdas, termasuk perangkat fisik (robot, kendaraan otonom, elektronik konsumen) serta aplikasi dan layanan (asisten pribadi virtual, penasihat cerdas). Implementasi tersebut merupakan sebuah kelas baru pada aplikasi cerdas serta menyediakan hal intelijen yang tertanam untuk berbagai perangkat dan perangkat lunak pada layanan solusi yang ada. Trend teknologi informasi ini akan semakin berguna di tahun 2017.

Aplikasi Intelijen

Aplikasi cerdas yang melakukan beberapa fungsi sebagai asisten manusia. Asisten pribadi virtual, atau VPN, akan membuat tugas-tugas seperti pertemuan penjadwalan dan mengelola email dan pesan lainnya jauh lebih mudah. VPN dan asisten pelanggan virtual (yang berjanji untuk meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan) akan mengubah cara bekerja dan bagaimana perusahaan dikelola.

Selama 10 tahun ke depan, hampir setiap aplikasi dan layanan akan menggabungkan beberapa tingkat AI. Ini akan membentuk tren jangka panjang yang akan terus berkembang dan memperluas penerapan AI dan pembelajaran mesin untuk aplikasi dan layanan.

Intelligent Things

Untuk alasan yang baik, banyak yang telah diberitakan mengenai Internet of Things. Intelligent things akan memanfaatkan AI dan ML untuk berinteraksi dengan manusia dan lingkungan. Contoh menonjol adalah mobil self-driving, drone, artefak yang akan semakin membuat dapur pintar dan rumah pintar. Gartner memprediksi bahwa ini akan semakin dijalin bersama dan akan meningkatkan kehidupan kita.

Virtual dan Augmented Reality

Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) telah menangkap imajinasi dari gamer dan konsumen lainnya, tetapi mereka akan semakin memiliki implikasi untuk B2B atau bisnis-ke-bisnis. Lanskap bisnis konten konsumen dan aplikasi akan berkembang secara dramatis di tahun 2021. Kemampuan VR dan AR akan bergabung dengan keterhubungan digital untuk membentuk sistem yang lebih baik dari perangkat yang mampu mendalangi aliran informasi untuk pengguna. Integrasi di beberapa ponsel, Internet of Things (IoT) dan lingkungan yang kaya sensor akan memperluas aplikasi yang membuka batas pengalaman yang terisolasi. Saat ini, Augmented Reality semakin banyak dipakai untuk bisnis retail. AR merupakan salah satu trend teknologi informasi yang akan semakin banyak digunakan di Indonesia dalam sebagai salah satu saluran dalam Digital Marketing.

Sitem Percakapan

Sistem percakapan akan bergerak dari chatbots ke jala digital yang lebih luas, yang akan berpindah ke berbagai endpoint yang di perluas. Hal ini berarti bahwa kita semua akan berinteraksi setiap hari. Sistem percakapan akan meningkatkan proses pengalaman digital.

Digital Twin

Digital Twin beroperasi pada persimpangan metadata, kondisi atau keadaan, data peristiwa, dan analisis. Digital twin adalah model perangkat lunak dari hal fisik menggunakan data sensor untuk memahami keadaan, yang dapat berubah karena perubahan kondisi, meningkatkan operasi, dan menambahkan nilai.

Sorang analis Gartner memprediksi bahwa dalam setengah dekade berikutnya, ratusan juta hal akan memiliki teknologi digital twins. Digital Twins akan digunakan oleh perusahaan untuk merencanakan layanan peralatan, untuk mengoperasikan pabrik, untuk memprediksi kapan peralatan akan gagal, untuk meningkatkan efisiensi operasional, dan untuk membantu pengembangan produk baru pada beberapa daerah. Mereka akan menjadi kontrol cerdas dan pemantauan untuk operasi ke tingkat yang semakin bagus.

Blockchain dan Buku Pembantu Terdistribusi

Menurut Economist, blockchain adalah database terdistribusi yang menyimpan daftar yang terus tumbuh yang aman dari gangguan dan revisi. Setiap blok dirantai ke blok sebelumnya. Proses ini dicatat secara khusus pada jaringan peer-to-peer terenkripsi. Jasa keuangan telah menjadi pengadopsi awal, tetapi semakin banyak industri yang bergabung dengan ini. Analis Gartner mengidentifikasi distribusi musik, verifikasi identitas, dan rantai pasokan sebagai daerah logis dimana blockchain akan semakin digunakan.

Platform Teknologi Digital

Platform teknologi digital akan memberikan dasar untuk bisnis digital. Analis gartner mencatat lima titik fokus utama untuk mengaktifkan kemampuan digital dan model bisnis:

  • Sistem Informasi
  • Pengalaman pelanggan
  • Analisis dan intelijen
  • IoT
  • Ekosistem bisnis
  • Organisasi akan semakin memiliki campuran dari seluruh lima platform teknologi digital ini. Ini merupakan salah satu trend teknologi informasi terpenting untuk bisnis di tahun 2017.

Arsitektur dan Layanan Mesh App

MASA/Mesh App and Service Architecture termasuk web, mobile, desktop dan aplikasi IoT akan dijalin bersama. Ini menghadapkan API di berbagai tingkat dan melintasi batas-batas tradisional. Hal ini juga akan memfasilitasi skalabilitas layanan, kelincahan, dan orientasi terhadap penggunaan kembali teknologi. MASA akan memfasilitasi pengalaman terus menerus di saluran endpoint yang berbeda dalam mesh, apakah smartphone seseorang atau ponsel seseorang.

Membawa ponsel dan elemen IoT ke dalam arsitektur aplikasi dan layanan menciptakan model yang komprehensif untuk mengatasi skalabilitas cloud back-end dan front-end. Tim pengembang aplikasi harus membuat arsitektur modern untuk memberikan aplikasi berbasis cloud yang gesit, fleksibel dan dinamis. Sebelum dapat mengadopsi MASA, anda memerlukan infrastruktur cloud yang dapat diandalkan di Indonesia sebagai tahap awal implementasi.

Arsitektur Keamanan Adaptif

Mesh digital dan platform teknologi digital akan mendapat serangan yang lebih besar oleh para peretas. Masalah keamanan akan terus berkembang biak. Teknologi keamanan digital harus digunakan sebagai dasar untuk mengamankan platform Internet of Things. Pemantauan pengguna dan perilaku entitas adalah tambahan penting yang sangat diperlukan dalam skenario IoT. Namun, perkembangan IoT merupakan perbatasan baru bagi banyak profesional keamanan IT yang menciptakan daerah kerentanan baru dan sering membutuhkan alat perbaikan baru.

Demikian 10 trend teknologi informasi paling strategis yang akan semakin memiliki peranan penting di tahun 2017. Oleh karena itu, segeralah melakukan transformasi digital secara terus menerus untuk dapat tetap dapat memiliki keunggulan daya saing.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *