Konsultan Teknologi Informasi Dalam Era Transformasi Digital

Indonesia diprediksi oleh para peneliti di dunia akan tumbuh sebagai kekuatan ekonomi digital di tahun 2020. Dengan pertumbuhan data center yang di dukung oleh peraturan pemerintah, tidak tanggung-tanggung investasi akan mencapai di kisaran Rp. 11 triliun. Era digitalisasi perbankan dan pelaku bisnis sudah mulai terjadi di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Semua sektor termasuk pemerintahan berlomba untuk bertransformasi digital. Lantas seberapa besar peranan para konsultan teknologi informasi dalam hal ini ?

peran konsultan teknologi informasi pada era digital

Peran Penting Konsultan Teknologi Informasi

Dalam rangka transformasi digital, tentunya para organisasi mulai merancang strategi dalam merubah semua proses rutinitas pekerjaan dari A sampai Z agar menjadi paperless. Hal ini sangat membutuhkan perancangan yang mendetail dan terperinci. Agar proses transformasi digital di suatu organisasi tidak berbenturan dengan rutinitas operasional sehari-hari yang harus tetap berjalan.

Walaupun organisasi anda memiliki keyakinan penuh untuk melakukan transformasi digital, tetap lebih bijak jika ada second opinion. Sehingga semua perencanaan dapat berjalan dengan mencegah kejadian downtime operasional dikala proses sedang dijalankan.

Konsultan teknologi informasi yang baik dalam sebuah proses transformasi digital di suatu organisasi akan menyarankan organisasi anda untuk :

  • Mempelajari seluruh rangkaian proses pada suatu organisasi sembari mengenal sistem informasi yang sudah ada.
  • Merumuskan ulang perancangan sistem terhadap proses yang ada untuk penyederhanaan, agar organisasi semakin cepat tangkas dalam melakukan pekerjaannya.
  • Mencadangkan semua pekerjaan, dengan menyediakan fasilitas backup dan restore. Jika organisasi anda sudah memiliki disaster recovery plan artinya anda sudah siap untuk poin ini.
  • Menggunakan sistem DevOps pada lingkungan virtual, yang lebih bagus lagi adalah menggunakan platform kontainerisasi Docker. Sehingga :
    • Pihak pengembang yang melaksanan urusan transformasi digital dapat cepat menyelesaikan pekerjaannya dengan kemudahan berkolaborasi dan berkomunikasi dengan pihak operasional internal IT anda.
    • Pengujian aplikasi dapat dilakukan tanpa harus berbenturan dengan sistem operasional yang ada. Karena Docker hadir dengan sistem isolasi per container.
    • Aplikasi yang dibuat dapat berjalan dengan aplikasi yang sudah ada dan berjalan pada platform lain.
  • Membuat otomatisasi-otomatisasi yang diperlukan terhadap pekerjaan-pekerjaan rutin.

Bagaimanapun, pihak luar akan lebih dapat melihat permasalahan yang ada pada internal organisasi anda. Sebab, pihak internal anda sudah terlalu larut dalam rangkaian proses sehari-hari selama bertahun-tahun. Tanpa 5 faktor tersebut diatas, transformasi digital di organisasi anda akan menemui jalan kembali untuk melakukan dari awal.

Transformasi Digital Tidak Hanya Bertujuan Untuk Paperless

Dulu kita mengenal transformasi digital agar supaya mengurangi pemakaian kertas, sehingga semua data dapat berbentuk digital. Ini merupakan salah satu tujuan dari transformasi digital, namun teknologi dan arus budaya kerja dalam dunia digital semakin berkembang.

Selain untuk paperless, transformasi digital bertujuan untuk mengintegrasikan sistem secara penuh terhadap sitem-sistem lainnya. Baik sistem di lingkungan internal anda, maupun pada sistem di pihak ketiga. Seperti pada pemerintahan yang melakukan tata kelola antar instansi, integrasi ke sistem lainnya scara penuh atau otomatis sangat penting. Hal ini dapat mengurangi kesalahan entri dan pemborosan waktu, sehingga staff internal dapat lebih fokus dalam pengembangan organisasi.

Ada hal menarik yang berkembang saat ini. Aplikasi GoFood dan GrabFood, jika mereka memiliki API (antar muka pemrograman) maka website e-commerce dapat terintegrasi secara penuh. Hal ini juga harus di dukung dengan modul pembayaran seperti BCA klikpay dan sebagainya. Otomatisasi order dalam layanan publik merupakan faktor penting untuk bertahan ataupun memenangkan persaingan. Para konsultan IT telah lama menyadari inovasi-inovasi dalam penyederhanaan proses bagi semua pihak yang terlibat dalam suatu urusan.

Sebagai contoh:

Misal sebuah usaha makanan seperti Restoran Steak yang memiliki ratusan cabang di seluruh Indonesia. Mereka dapat menghadapi persaingan sengit dengan restoran steak yang hanya memiliki puluhan cabang saja. Sebab restoran yang lebih sedikit cabang itu dapat melayani order online dari beberapa platform. Baik dari aplikasi GoFood, GrabFood, Tokopedia, Bukalapak, Foodpanda, Klik Eat dan sebagainya. Sehingga pelayanan terhadap “Rasa Lapar” dari para konsumen dapat cepat terpenuhi oleh restoran yang lebih sedikit cabangnya itu.

Dari gambaran tersebut diatas, dapat kita pahami bahwa restoran sebesar apapun dapat kehilangan kesempatan penjualan pada era evolusi digital sekarang ini. Ini memang merupakan suatu pergeseran yang sedang terjadi, akan tetapi aplikasi Uber sudah mulai menerapkan sistem API ini. Oleh karena itu jasa konsultan IT sangat diperlukan untuk berkonsultasi terhadap masalah ini, sehingga anda dapat mengantisipasi perubahan.

Kriteria Jasa Konsultan IT yang Terbaik

Walaupun fokus para konsultan IT pada infrastruktur teknologi informasi, namun untuk dapat melakukan implementasi secara efektif mereka harus memahami bisnis para client. Dalam hal ini berarti konsultan IT yang dapat anda andalkan adalah yang memiliki multi-keahlian. Baik dari sisi teknologi informasi hingga pelaporan.

Menimbang bahwa transformasi digital selain untuk meningkatkan kinerja penjualan dan pelayanan, juga ditujukan untuk memberikan visibilitas. Sehingga mulai dari persediaan hingga analisa rasio pembelian dapat mudah terlihat hanya dengan sekali klik. Sebuah sistem dapat dikatakan sudah terintegrasi penuh jika memilki fitur-fitur yang hanya dengan sekali klik dapat menampilkan berbagai visibilitas bagi manajemen.

Oleh karena itu, sangat penting bagi jasa konsultan IT untuk kreatif dan proaktif dalam perancangan sistem. Hanya konsultan IT yang up-to-date yang dapat melakukan hal seperti ini. Jika anda menemukan jasa konsultan IT seperti itu, maka anda dapat menempatkan perusahaan anda beberapa langkah lebih maju dari perusahaan lainnya. Disini dapat kita temui lagi kriteria konsultan IT yang terbaik adalah yang kreatif dan inovatif dalam memberikan solusi bagi usaha anda.

Gambar dibawah ini merupakan bidang pekerjaan yang dilakukan oleh para konsultan teknologi informasi: 

pekerjaan yang dilakukan jasa konsultan teknologi informasi

Dalam menentukan konsultan IT yang terbaik, tentunya lebih bagus lagi jika konsultan IT tersebut mempunyai fasilitas infrastruktur pendukung. Perbandingan konsultan IT yang tidak memiliki fasilitas seperti data center dengan yang memiliki, akan sangat terasa pada biaya dan layanan support yang diberikan. Sebagaimana konsultan IT tersebut memiliki fasilitas data center, tentu ini sama ibaratnya dengan anda “membeli dari tangan pertama“. Seperti terlihat pada gambar diatas, bahwa perlunya disaster recovery solution atau solusi mitigasi bencana disamping fasilitas colocation. Disaster recovery center harus memenuhi syarat yang lebih tinggi dari sekedar colocation server biasa.

Selain itu, sangat penting untuk melihat pengalaman dan kompetensi team konsultan IT. Misal dengan melihat sertifikasi-sertifikasi yang mereka miliki, baik untuk kompetensi keahlian maupun compliance terhadap fasilitas mereka.

Hindari kesalahan dalam memilih jasa konsultan IT. Prinsipnya adalah, konsultan teknologi informasi merupakan mitra kerja anda. Mereka mengiringi operasional anda dari waktu ke waktu, baik untuk menjaga downtime, memperkuat sistem, dan melakukan pengembangan. Sehingga anda mendapatkan keuntungan dari jasa konsultan teknologi informasi tersebut. Anda dan para staff dapat bekerja tanpa harus pusing memikirkan infrastruktur IT anda. Semakin fokus anda terkuras untuk hal yang bukan tujuan utama usaha anda, semain terhambat kemajuan usaha anda.

Berapa Biaya Jasa Konsultan IT ?

Ini jawabannya variatif. Namun secara keseluruhan menurut sumber terpercaya, biaya untuk konsultan IT minimal sekitar 5 % dari omset anda. Misal anda pemilik restoran dengan 100 cabang, omset per cabang Rp. 100 juta per bulan, total omset per bulan Rp. 10 Milyar. Maka biaya jasa konsultan IT tiap bulannya sekitar Rp. 500 juta. Tentu biaya tersebut dapat dibagi kembali pembebanannya ke tiap cabang, sehingga per cabang hanya membutuhkan Rp. 5jt per bulan untuk konsultan teknologi informasi.

Semua usaha yang memiliki banyak cabang sudah seharusnya memiliki sistem ter-sentralisasi untuk memudahkan manajemen melihat dan mengelola. Dengan sistem ter-sentralisasi anda dapat membuat suatu standar secara menyeluruh. Terutama untuk perusahaan kuliner, standarisasi rasa dan pelayanan harus sama semuanya. Karena kesuksesan restoran dengan banyak cabang bermula dari satu set awal yang memiliki faktor banyak disukai orang.

Jika ada masalah terhadap salah satu perangkat di cabang restoran anda, para konsultan IT dapat segera melakukan tindakan tanpa harus mengunjungi fisik restoran tersebut. Demikian jika ada pemadaman listrik, tentu para konsultan IT telah mempersiapkan berapa UPS yang diperlukan untuk tiap-tiap cabang sesuai dengan skala waktu pemadaman yang sering terjadi.

Sedangkan untuk pemerintahan, biasanya biaya konsultan IT dapat mencapai 10% hingga 20% dari total proyek. Ini tanpa melibatkan pembelian perangkat fisik. Oleh karena itu sejak tahun 2009 Bapennas menyarankan untuk jasa konsultan IT yang menyentuh 30% dari nilai proyek dapat langsung di batalkan proyeknya.

Jadi biaya konsultan IT dapat berbeda-beda, intinya harga bukanlah masalah utama akan tetapi masalah utamanya di kapabilitas para konsultan IT. Karena jika bisnis anda dapat ditemani konsultan IT yang tepat, maka anda dapat menyibukkan hari-hari anda untuk ekspansi bisnis.

Faktor SDM Teknologi Informasi

Faktor ini sangat menempatkan konsultan IT sebagai mitra strategis anda. Anda tidak perlu mencari SDM di bidang teknologi informasi, dan tidak perlu mengkhawatirkan masalah loyalitas. Tentu anda tidak menginginkan saat pengembangan tiba-tiba tim ahli IT anda mengundurkan diri. Disamping itu, kewajiban karyawan seperti manfaat pensiun pun dapat diatasi dengan bermitra dengan konsultan IT. Dalam hal ini, outsourcing IT merupakan langkah strategis para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya untuk dapat terus berkembang.

Menggunakan jasa outsourcing IT bukan berarti anda harus mengurangi karyawan IT, akan tetapi karyawan IT yang sudah ada dapat lebih fokus pada rencana pengembangan usaha yang anda terapkan. Dan para karyawan IT akan mendapatkan keuntungan berupa transfer knowledge. Disinilah sinergi terjadi antara pemakai jasa dan pemberi jasa untuk sama-sama memperoleh keuntungan-keuntungan.

Demikian penjelasan mengenai peranan jasa konsultan teknologi informasi ini, semoga dapat mudah dipahami oleh para pelaku bisnis dan berguna sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

Comments (4)

  1. […] Menghadapi era persaingan global, semua perusahaan berlomba melakukan transformasi digital. Konsultan teknologi informasi semakin memainkan peranan penting.  […]

  2. […] untuk terus mengembangkan perangkat lunak semakin banyak terjadi. Ini merupakan dampak dari era transformasi digital, dimana perusahaan startup banyak melibas perusahaan kelas berat. Hal inilah yang melatarbelakangi […]

  3. […] yang akan semakin memiliki peranan penting di tahun 2017. Oleh karena itu, segeralah melakukan transformasi digital secara terus menerus untuk dapat tetap dapat memiliki keunggulan daya […]

  4. […] komputer, yang perlahan namun pasti dengan tingkat pertumbuhan yang mencengangkan. Terutama dalam era transformasi digital sekarang ini, banyak perusahaan membangun aplikasi tanpa memperhatikan keamanan BYOD (Bring Your […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *