3 Hal Utama Pada Data Center Secara Global

Kebutuhan data center di Indonesia merupakan hal terpenting dalam menghadapi era IoT dan Big Data yang dimulai di tahun 2016 ini, baik bagi korporasi maupun organisasi pemerintahan. Selain keahlian meng-analisa data untuk mengambil keputusan, tentu juga diperlukan sebuah ruang penyimpanan data yang aman dan dapat di akses setiap saat secara cepat dan tanpa gangguan. Komponen data center yang digunakan dapat beragam dan mencerminkan performa masing-masing perusahaan data center.

Pengetahuan data center kini bukan dominasi para profesional IT saja, seluruh bagian pada perusahaan dan pemerintahan sudah harus memiliki pengetahuan data center setidaknya secara umum. Berikut penjelasan komponen penting pada sebuah data center secara umum.

3 Hal Utama Pada Fasilitas Data Center Tier

komponen data center yang terpenting

Komponen Data Center

Sebelum membangun sebuah data center, ada 3 komponen data center yang paling utama untuk wajib di ketahui secara keseluruhan, yakni:

  • Faslitas data center
  • Perangkat data center
  • Sumber Daya manusia

Fasilitas Data Center

Mulai dari perencanaan lokasi pembangunan data center, sebagai sarana mitigasi bencana tentunya seubah data center terutama untuk seuah data center di Indonesia yang wilayahnya tidak sedikit dilalui “ring of fire” atau jalur gempa dan gunung berapi harus sebisa mungkin mendapatkan data wilayah tidak dilalui jalur gempa dan jauh dari gunung berapi.

Fasilitas listrik merupakan faktor penting lainnya untuk menjaga agar fasilitas data center tersebut tetap dapat diakses secara terus menerus. Biasanya data center yang sudah tersertifikasi secara Internasional memilki beberapa sumber catu daya.

Sistem pendingin data center baik untuk ruangan maupun gedung data center secara keseluruhan merupakan fasilitas yang wajib diadakan pada sebuah data center untuk menjaga suhu dan kelembaban, karena data center akan berisi perangkat-perangkat elektronik yang memiliki batas ketahanan terhadap tingkat suhu tertentu.

Raised Floor, yang memiliki fungsi dapat mengantisipasi banjir, memiliki sistem pengaturan udara, dan juga mencerminkan kerapihan serta kebersihan sebuah data center. Seluruh fasilitas pendukung data center harus berada pada wilayah yang aman dari banjir, oleh karena itu konstruksi gedung data center sebaiknya diatas permukaan tanah beberapa meter dan ini termasuk bagian basement gedung data center karena biasanya di basement ini diletakan Genset, dan perangkat lainnya. Ini sangat penting terutama untuk lokasi data center Jakarta.

Perangkat Data Center

Secara umum, sebuah data center setidaknya memiliki beberapa perangkat sebagai komponen data center, berikut:

  • Jaringan Komunikasi Data dan Suara
  • Server dan Rak Server
  • Switch Kabel Jaringan
  • Wireless Access Point
  • Akses Biometrik
  • Batere UPS
  • Hard Disk untuk Jaringan
  • Software baik untuk sistem operasi maupun aplikasi jaringan

Dan masih banyak lagi kebutuhan perangkat pada data center untuk mendukung operasional yang dapat memenuhi standar layanan sebuah fasilitas data center yang memenuhi syarat.

Sumber Daya Manusia

Kehandalan sebuah data center tidak lepas dari para staf profesional yang selalu siap mendukung operasional data center selama 24 jam sehari tanpa henti. Oleh karena itu, data center sebaiknya memilki ruangan khusus untuk tidur para staf IT. Keahlian dan pengalaman staff data center sangat diperlukan untuk memberikan performa yang memenuhi kebutuhan akan layanan data center di Indonesia. Setidaknya staf data center yang diperlukan adalah:

  • System Engineer
  • Network Engineer
  • Network Administrator
  • Network Security Specialist
  • Programmer
  • Helpdek

Staff penyedia jasa fasilitas data center tersebut diatas untuk kebutuhan operasional data center saja yang termasuk sebagai komponen data center, diluar keamanan, bagian keuangan, marketing dan customer service.

Demikian hal-hal umum yang paling utama diperlukan pada sebuah layanan jasa data center di Indonesia, semoga dapat memberikan gambar jelas dan menambah pengetahuan secara keseluruhan mengenai operasional sebuah fasilitas data center tier 3 di Indonesia, semoga penjelasan ini dapat memberikan manfaat baik untuk para pelaku usaha, profesional di bidang IT dan manajemen, juga bagi para pelajar di seluruh Indonesia. 🙂

Artikel Data Center
Artikel Data Center
Komponen penting pada sebuah data center.
Elitery Data Center, Indonesia

Artikel Terkait

Comments (2)

  1. […] seperti genset untuk menjaga layanan data center tetap beroperasi terus menerus tanpa henti. Inilah inti dari sebuah data center disamping backbone akses komunikasi data dan keamanan baik secara fisik maupun secara […]

  2. […] atau ERP, ada baiknya menggunakan jasa private cloud services terlebih dahulu sebelum colocation di penyedia fasilitas data center, karena dapat lebih menghemat pengeluaran modal dan lebih dapat fokus pada bisnis utama sehingga […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *