Modernisasi Data Center Menjaga Operasional Berjalan Lancar

Konsolidasi dan modernisasi data center merupakan optimasi berkelanjutan untuk meningkatkan infrastruktur data center yang sudah ada. Hal ini dapat memberikan dukungan lebih baik terhadap operasional IT di perusahaan anda.

Strategi Modernisasi Data Center

Prinsip Modernisasi Data Center

Ada beberapa prinsip dalam melaksanakan proyek modernisasi data center. Mungkin dapat berbeda pada setiap organisasi. Beberapa prinsip tersebut adalah :

  • Perencanaan dan Strategi

    Menentukan persyaratan yang dibutuhkan oleh data center, selain dari keterbatasan fisik. Faktor persyaratan inti untuk menyebarkan, mengintegrasikan, mengelola, mengatur dan memastikan penyebaran yang efektif dan aman. Tujuannya adalah untuk mendapatkan skalabilitas dan kelancaran operasional.

  • Arsitekur Data Center

    Tentukan pilihan arsitektur data center yang sesuai berdasarkan karakteristik beban kerja yang ada. Pilih model penyebaran berdasarkan kinerja, skalabilitas, kehandalan, keamanan dan biaya. Ini bertujuan untuk melakukan konsolidasi antara data center lokal dengan cloud atau hybrid data center.

  • Pilih Solusi

    Dengan menggandeng konsultan perancangan data center, anda dapat memilih dan menerapkan teknologi, produk dan jasa untuk memperoleh perlindungan investasi, sekaligus meningkatkan kelincahan dan meningkatkan ketersediaan.

  • Pembangunan

    Sementara tujuan utama mungkin untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, perencanaan juga ditujukan untuk pertumbuhan jangka panjang dalam membuat pilihan teknologi yang tepat, arsitektur dan solusi. Fokus dapat diarahkan pada tambahan scale-out metodologi desain yang efisien.

  • Operasional dan Pengembangan

    Memantau energi dan efisiensi operasional. Lakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan industri dan kebutuhan perusahaan. Menetapkan proses konsolidasi infrastruktur dan pelaksanaan alat pemantauan yang sedang berlangsung untuk mencegah kesenjangan.

Data center yang sudah cukup berumur, mungkin tidak dapat lagi memenuhi daya, pendinginan dan tuntutan perkembangan teknologi. Alih-alih membangun gedung ataupun ruangan fasilitas data center baru, mungkin ada jalan lain.

Untungnya, organisasi dapat memperpanjang umur pakai data center mereka dengan merenovasi fasilitas dengan beberapa perubahan yang lebih hemat anggaran. Upgrade data center memungkinkan bisnis untuk mengadopsi standar baru dan meningkatkan infrastruktur yang ada untuk memperkenalkan teknologi baru dengan kinerja yang lebih baik dan lebih efisien. Dalam hal ini modernisasi atau revitalisasi data center dapat menjadi solusi alternatif yang lebih cepat tersedia dan efisien.

Strategi Modernisasi Data Center

Dengan strategi yang tepat, perusahaan dapat terhindar dari alokasi dana yang besar untuk proyek konstruksi data center. Aaa beberapa strategi dalam perbaikan dan perubahan desain data center yang dapat memperpanjang umur fasilitas data center.

Meningkatkan suhu operasi pusat data Anda

Temperatur di data center telah lama menjadi subjek mitos dan legenda. Penelitian dan inisiatif dari organisasi industri seperti American Society of Heating, telah menemukan bahwa sebuah data center tidak perlu didinginkan seperti lemari pendingin daging. Server dan peralatan modern komputasi lainnya dapat beroperasi pada suhu tinggi.

Sebuah dokumen ASHRAE 2008 merekomendasikan kisaran suhu 18-26 derajat Celcius untuk peralatan Kelas 1 di data center. Rekomendasi pada tahun 2011 memperluas jangkauan suhu yang diijinkan adalah 15-32 derajat Celcius untuk server kelas enterprise dan 5-45 derajat Celcius untuk server yang dirancang secara tepat dan untuk peralatan lainnya.

Tidak ada biaya yang diperlukan untuk meningkatkan suhu data center seuai standar ASHRAE. Dengan teknik yang tepat, bisa didapatkan penghematan biaya energi terhadap sistem pendinginan yang sudah ada. Selain itu, keluasn rentang suhu juga memungkinkan untuk mengadopsi skema pendingin alternatif atau tambahan. Misalnya seperti menggunakan aliran udara bebas atau air. Teknologi pendinginan tersebut mungkin belum dipertimbangkan ketika data center anda pertama kali dibangun.

Meng-upgrade Server dan Sistem untuk Konsolidasi dan Efisiensi yang lebih baik

Server mengkonsumsi sebagian besar energi di pusat data – terutama di prosesor dan komponen memori. Organisasi dapat memperoleh efisiensi energi yang signifikan dengan upgrade server ke yang lebih efisien. Hal ini dapat dilakukan selama siklus pembaruan teknologi yang normal telah dianggarkan.

Para vendor teknologi data center telah membuat langkah besar dalam konsumsi daya. Seperti pada server blade, UCS dan sistem infrastruktur lainnya. Dan hampir semua produk server terbaru secara signifikan lebih mudah untuk dikelola. Pemakaian server generasi terbaru sangat dibutuhkan dalam modernisasi data center untuk dapat mengehmat ruangan, menghemat konsmsi listrik, meningkatkan performa, dan memudahkan pengelolaan.

Sebagai contoh, server yang lebih tua menggunakan Intel Corp. dual-core Xeon 7130M akan mengkonsumsi 150 W, tapi server menggunakan Xeon L7455 prosesor enam-core akan membutuhkan hanya sampai 65 W. Dengan upgrade server, pusat data dapat menambah empat core prosesor untuk daya komputasi yang lebih. Hal ini juga meningkatkan penggunaan daya prosesor lebih dari setengahnya. Produk server sekarang ini juga memberikan peningkatan sistem pendinginan seperti kipas dengan kecepatan variabel, dan menggabungkan mode hemat daya yang mengurangi penggunaan energi dan pemanasan.

Dan ada pertimbangan lain. Produk server terbaru juga dapat memberikan daya memori lebih besar. Ini memberi tingkatan konsolidasi server virtual yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Ini berarti jumlah yang sama dari pekerjaan komputasi dapat dilakukan dengan jumlah server yang lebih sedikit. Tentunya ini akan menghemat modal pembelian peralatan dan menghasilkan hanya suhu panas yang lebih sedikit. Ini juga meringankan sistem pendinginan di data center anda.

Mengubah Sistem Tata Letak dan Lay Out Rak untuk Daya dan Efisiensi Pendinginan

Dengan melihat dari dekat tata letak peralatan data center, anda dapat mencari cara untuk meningkatkan daya dan efisiensi pendinginan.

Misalkan Anda memiliki data center yang sudah berjalan cukup lama, di mana ruang komputer unit AC besar (CRAC) menjadi pendingin ruangan. Sekarang bayangkan bahwa produk server terbaru dan dengan konsolidasi dapat memangkas jumlah server hingga 75%. Dengan hanya seperempat dari jumlah server asli dalam contoh ini, dimungkinkan untuk mengatur ulang server yang ada pada jumlah rak yang jauh lebih sedikit dan menggunakan penahanan untuk penempatan server yang tersisa. Hal ini membatasi volume udara yang harus didinginkan. Secara signifikan akan mengurangi jumlah kebutuhan pendinginan dan memungkinkan untuk menambah teknologi pendinginan alternatif.

Dalam kasus lain, di bawah lantai pendinginan mungkin lebih efektif untuk merenovasi ulang kabel listrik, jaringan kabel dan air pendingan yang melintasi di bawah lantai (raised floor).

Sebuah tata letak data center yang dirancang secara serampangan dapat menghambat distribusi udara pendingan. Ini juga berarti akan membuat lebih banyak pekerjaan untuk unit pendinginan. Selain itu, distribusi air meningkatkan potensi kerusakan kabel listrik dan jaringan, sehingga banyak organisasi memilih untuk melintasi kabel listrik dan kabel jaringan di bagian atas.

Optimalkan ruangan rak. Misalnya, dengan mengisi penuh sebuah rak dapat memusatkan peralatan dan mengurangi kebutuhan ruangan. Selan itu, dengan memadatkan rak, dapat membuat sistem penahanan dan pendinginan berjalan lebih efektif. Dan beberapa rak mungkin tidak cukup dalam untuk mengakomodasi generasi baru peralatan komputasi. Hal ini dapat menyebabkan kemacetan kabel dan masalah aliran udara. Perlu di ingat lagi bahwa modernisasi data center bertujuan untuk menyederhanakan segala sesuatu dan mendapatkan performa operasional yang lebih baik.

Banyak keserampangan di pusat-pusat data karena peralatan yang posisinya lebih di dalam memiliki koneksi kabel lebih panjang yang tidak muat di rak. Sehinga pintu rak terbuka, kabel menggantung dan aliran udara tertahan.

Pertimbangkan Skema Alternatif Pendingin Tambahan

modernisasi sistem pendingin data center

Sistem pemanas mekanik, ventilasi dan pendingin udara (HVAC) adalah pokok dari pusat data modern. Memerlukan biaya yang cukup mahal, banyak membutuhkan daya listrik, dan berpotensi memiliki satu titik kegagalan. Jika sistem pendingin gagal, pusat data dapat menjadi terlalu panas dalam hitungan menit.

Renovasi data center sering fokus pada cara-cara untuk menambah atau mengganti mekanisme pendinginan tradisional dengan peralatan alternatif atau metode yang diaktifkan oleh suhu operasi yang lebih tinggi, penahanan yang lebih baik dan hemat peralatan.

Pendekatan pendingin alternatif yang populer adalah “chilled-water“, uap pendinginan dan pendingin udara secara alami.

Metode ini, memerlukan sumber daya lingkungan yang terjangkau yang cocok untuk tugas itu dan tersedia untuk dalam jangka panjang. Misalnya, menggunakan air gunung yang dingin untuk chilled water. Dalam banyak kasus, metode alternatif dapat ditambahkan untuk melengkapi sistem HVAC tradisional. Hal ini dapat menurunkan kebutuhan daya.

Organisasi yang harus terus menggunakan HVAC harus terus memantau kapasitas dan efisiensi sistem pendingin ini. Potensi masalah cukup besar, penuaan sistem HVAC terkadang dapat menjadi kurang efisien jika jarang digunakan. Sistem HVAC lama Anda mungkin saat ini hitungannya sudah menjadi boros biaya lebih dan lebih menyulitkan kinerja sistem mekanik.

Ini berarti bahwa meningkatkan suhu operasi dan mengurangi jumlah peralatan komputasi dapat menjadikan kebutuhan sistem pendinginan menjadi lebih kecil.

Pertimbangkan Ketersediaan dan Kehandalan dalam Masalah Distribusi Listrik

Data center menjadi tulang punggung bisnis, dan harus selalu tersedia, jadi pertimbangkan sistem tenaga cadangan dan kapasitas peralatan listrik cadangan.

Upgrade sistem UPS lam ke model yang lebih baru dapat meningkatkan efisiensi energi UPS dan memberikan kemampuan daya pemantauan / pengukuran yang lebih cerdas yang melengkapi skema manajemen infrastruktur data center.

Ketika sebuah UPS diganti, harus dengan sistem efisiensi yang lebih tinggi. Seperti menjadi [N + 1] dengan konfigurasi redundansi dan bahkan mungkin solusi kapasitas modular atau incremental.

Ini juga merupakan praktik umum untuk meng-upgrade distribusi daya (PDU) untuk menambahkan manajemen daya yang cerdas, bersama dengan suhu rak dan pemantauan kelembaban. Dengan peningkatan UPS dan PDU secara bersamaan, organisasi dapat mengumpulkan data penggunaan energi dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang biaya listrik di pusat data.

Ketersediaan Daya Data Center

Data center yang sudah mulai berumur akan lebih sulit untuk dapat diandalkan. Jaringan listrik perlu dipertimbangkan untuk menjamin pasokan listrik data center. Generator diesel tradisional dengan cepat memberikan cara alternatif yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Ssel bahan bakar oksida padat seperti Server Bloom Energy atau tenaga surya untuk menghasilkan beberapa jumlah listrik lokal.

Demikian strategi modernisasi data center tersebut hanya beberapa taktik yang paling populer. Untuk merenovasi penuaan data center, ada banyak pertimbangan lain, tergantung pada keadaan dan tujuan bisnis. Mungkin yang paling penting untuk setiap renovasi data center adalah untuk mempertimbangkan jasa konsultan data center dengan pengalaman terbukti dalam memperpanjang kehidupan fasilitas IT saat ini. Mereka dapat membantu Anda mengidentifikasi inisiatif yang akan memberikan manfaat terbesar untuk bisnis Anda, menavigasi masalah rumit, kepatuhan dan inspeksi selama proses renovasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *